Home Palu

Jarkomdat Dukcapil Palu Masih Diputus

482
PELAYANAN - Suasana Pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Palu beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

  • Rosida: Pelayanan Dukcapil Palu Tetap Jalan

Palu, Metrosulawesi.id – Jaringan Komunikasi Data (Jarkomdat) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu masih diputus oleh pusat. Namun demikian Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu Rosida Thalib menjelaskan pelayanan masyarakat dalam hal kepengurusan KTP elektronik (e-KTP) dan kepengurusan dokumen kependudukan lainya tetap berjalan.

“Pelayanan kita tetap laksanakan, meskipun Jarkomdat hingga saat ini belum konek dari pusat, tetapi perekaman e-KTP serta lain kami tetap jalan. Tapi untuk pencetakkan e-KTP belum bisa kami lakukan karena terkendala koneksi jaringan. Untuk sementara kami mencetakkan Surat Keterangan (suket) penganti e-KTP,” jelas Rosida melalui ponselnya, Senin, 10 Juni 2019.

Rosida mengaku pelayanan tidak terhambat dan tetap berjalan hanya saja untuk pencetakkan e-KTP belum bisa dilakukan.

“Kami juga sementara ini masih melakukan koordinasi dengan pihak pusat karena kita juga belum ketahui apa sebenarnya alasan hingga Jarkomdat di putus,” ungkapnya.

Kata Rosida sebagai Kadisdukcapil Palu yang baru dilantik oleh Walikota Palu pihaknya belum ada keluar kota, karena pihaknya ketika masuk di Dukcapil masih fokus melayani masyarakat dalam mengurus dokumenya.

“Kemungkinan setelah tugas saya melayani masyarakat selesai, saya akan tetap lakukan koordinasi dengan pihak pusat,” katanya.

Rosida juga mengatakan di hari pertama masuk kantor masyarakat dalam mengurus e-KTPnya dan dokumen lainya sudah mulai banyak.

“Saya barusan ini menandatangani akte kelahiranya, kemudian Kartu Keluarganya, serta Suketnya,” ungkapnya.

Rosida mengimbau kepada masyarakat agar segera mengurus dokumen kependudukan dengan secepatnya, karena kepengurusanya gratis dan pelayananya cepat yang penting berkasnya lengkap, selama para pejabat di kantor Dukcapil Palu masih berada di tempat, semua pasti cepat diuruskan.

Reporter: Moh Fadel

Ayo tulis komentar cerdas