Home Palu

Ansyar: Siswa Harus Bisa Baca Al-Quran

306
BELAJAR MENGAJI - Sejumlah siswa SD saat mengikuti tambahan jam pelajaran agama melalui metode baca tulis Al-Quran belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kota Palu Ansyar Sutiadi mengaku optimis dalam dua tahun kedepan seluruh siswa beragama muslim lulusan Sekolah Dasar (SD) bisa  baca tulis Al-Quran (BTQ).

“Visi Pemerintah Kota Palu menjadikan Palu sebagai kota jasa yang dilandasi iman dan taqwa. Kita mengimplimentasikan kedalam beberapa program, salah satuhnya tambahan jam belajar agama. Di tingkat SD diberlakukan tambahan jam belajar agama dikelas lima, sehingga kita optimis tidak ada lagi siswa yang tamat SD tak bisa membaca alquran,” kata Asnyar belum lama ini.

Bahkan, kata Ansyar, seluruh siswa yang mengikuti tambahan jam pelajaran agama tersebut diberikan sertifikat. Sertifikat itu menjadi salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Dengan begitu, seluruh siswa harus bisa baca Alquran untuk melanjutkan program tambahan jam pelajaran agama di tingkat SD. Ditingkat SMP, juga dibuka kelas bakat prestasi di empat sekolah yang dianggap mampu melaksanakan program tersebut,” ujarnya.

Ansyar mengatakan ada beberapa sekolah yang menjadi tujuan bagi peserta didik se Kota Palu, diantaranya SMPN 1 Palu, SMPN 9 Palu, SMPN 20 Palu, dan SMPN 3 Palu.

“Siswa yang memiliki bakat di bidang agama dapat memasuki sekolah tersebut dengan bebas zonasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kota Palu dalam membentuk karakter peserta didik yang berlandaskan imam dan taqwa, serta untuk melahirkan qori yang berkualitas,” katanya. Ansyar berharap kedepannya siswa yang memiliki bakat dibidang agama tersebut dapat meraih prestasi dan mengharumkan nama baik Kota Palu di tingkat nasional.

Reporter: Moh Fadel

Ayo tulis komentar cerdas