Home Sulteng

Formasi CPNS Pemprov Segera Dibahas

207
Purwoko. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan akan kembali membuka rekrutmen CPNS tahun ini. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) merilis total kuota kebutuhan aparatur sipil negara tahun ini secara keseluruhan berjumlah 245.173 formasi.

Dari jumlah itu 46.425 formasi merupakan jatah pemerintah pusat terdiri atas CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sisanya 207.748 formasi daerah yang juga terdiri atas CPNS dan PPPK. Namun sampai saat ini belum ada kepastian waktu pembukaan rekrutmen.

Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bidang Pengadaan, Penghargaan dan Informasi Kepegawaian BKD Sulteng Purwoko mengungkapkan pihaknya belum menerima informasi perekrutan CPNS. Namun demikian, saat informasi resmi diterima, pihak BKD Sulteng akan langsung mengadakan rapat membahas kebutuhan formasi.

“Mungkin besok (hari ini,red) sudah ada informasi, nanti kami akan langsung rapat dengan Biro Ortal (Organisasi Tata Laksana),” ujar Purwoko kepada Metrosulawesi, Minggu, 9 Juni 2019.

Sebelumnya, rencana rektrumen CPNS telah disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana, yang juga memastikan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Total kuota formasi yang disiapkan sekitar 250 ribu.

“Pembukaan ada, tapi belum ada waktunya ditetapkan,” ungkap Kepala BKN saat memantau SKB CPNS Padagimo di SMKN 3 Palu, Senin, 22 April.

Dia menerangkan penetapan waktu menunggu transisi Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan anggota legistlatif. Saat ini pemerintah fokus menghadapi situasi nasional yang tegang pasca Pemilu.

“Belum ada waktu karena masih ribut soal 01 dan 02 quick qount. Kalau secara teknis kami sudah siap,” ucapnya.

Bima belum bisa memastikan formasi prioritas yang akan dibuka melalui rekrutmen CPNS tahun ini. Hal tersebut akan dibahas bersama pihak terkait bersamaan rencana waktu pembukaan rekrutmen.

“Kalau untuk prioritas formasi guru mungkin tidak lagi karena berdasarkan data kami ternyata saat ini jumlah guru cukup banyak,” katanya.

Bima menambahkan masyarakat harus bersabar menunggu penetapan jadwal rekrutmen CPNS. BKN dipastikan akan menyebarluaskan informasi rekrutmen CPNS melalui berbagai saluran informasi, termasuk media sosial.

Reporter: Michael Simanjuntak Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas