Home Banggai

Nihil Pencarian Korban KM Lintas Timur di Banggai

292
Kepala Kantor Basarnas Palu, Basrano. (foto: ist)

* Pencarian Korban Dilanjutkan Esok Hari.

Banggai, Metrosulawesi.id –  Belasan korban peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lintas Timur di perairan antara Selatan Banggai Kepulauan dan Taliabo belum ditemukan. Pencarian dilakukan KN SAR Bhisma sejak pagi hingga pukul 17.30 Wita, namun akhirnya diputuskan untuk dihentikan dan dilanjutkan Sabtu 8 Juni 2019.

Kepastian pengentian sementara pencarian 17 korban KM Lintas Timur, disampaikan Kepala  Kantor Basarnas Palu, Basrano, melalui siaran persnya, Jumat 7 Juni 2019 kepada sejumlah awak media.

Dalam siaran pers-nya, Basrano, menuturkan, upaya pencarian terhadap penumpang KM Lintas TImur dilakukan sejak pagi hari. Namun, setelah dilakukan penyisiran hingga pukul 17.10 Wita, belum ditemukan adanya tanda-tanda keberadaan para korban.

‘’Kita putuskan sementara dihentikan dan akan dilanjutkan besok (Sabtu.red). Selama penyisiran, tidak ada tanda-tanda keberadaan korban,’’ jelas Basrano.

Dalam pencarian, kata  Basrano,  selain KN SAR Bhisma, penyisiran juga dilakukan dengan menggunakan Sea Reader dan rubber boat, menyisir di pulau-pulau kecil seperti Pulau Tikus dan lokasi lainnya yang dicurigai adanya korban.

‘’Tetap saja sama. Tidak ada satupun tanda-tanda keberadaan korban  ditemukan,’’ papar Basrano sembari menambahkan KN SAR  Bhisma tandby di Dermaga Tangkiang.

Sementara itu, Hely Super Puma, yang rencana awal akan melakukan searching udara belum bisa dilaksanakan dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat

Adapun unsur yang terlibat yaitu Basarnas 27 orang (KN SAR Bhisma, rubber boat dan searider), TNI AU Lanut Hasanuddin Makassar 13 orang (super puma), TNI AD 10 orang, TNI AL 5 orang, Polair Polda Sulteng 5 orang dan KP3 laut 2 orang. (*)

Reporter : Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas