Home Palu

Siswa SMPN 1 Palu Raih Nilai Tertinggi UNBK

613
PENGUMUMAN KELULUSAN - Sejumlah siswa SMPN 1 Palu saat mengikuti pengumuman kelulusan, di halaman sekolahnya, Rabu, 29 Mei 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 1 Palu kembali  mengulangi sejarah empat tahun silam, dengan mengantarkan siswanya meraih nilai tertinggi se Sulawesi Tengah (Sulteng) pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 ini.

Sebanyak enam orang siswa SMPN 1 Palu, meraih di posisi teratas dalam perolehan nilai hasil UNBK yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Posisi pertama diraih siswa Ariel, dengan prolehan nilai rata-rata 98 setiap mata pelajaran. Kemudian di peringkat kedua diraih  Kevin, dengan rata-rata 98, kemudian disusul Risky.

“Sementara itu, peringkat empat dan lima diraih oleh siswa SMP Al Azhar Palu, kemudian peringkat enam dan tujuh kembali diraih oleh sisa SMPN 1 Palu,” kata Kepala SMPN 1 Palu, Hj Farida Batjo, Rabu, 29 Mei 2019.

Menurutnya, capaian ini merupakan salah satu bukti kesuksesan dan keberhasilan Molibu SMPN 1 Palu, dalam meningkatkan akademik siswa. Sebab, melalui Molibu orang tua siswa bisa mengetahui secara langsung perkembangan anak, serta mengetahui secara langsung apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan sekolah untuk mendukung peningkatan akademik siswa.

‘’Melalui Molibu, orang tua dapat mendukung dan berpartisipasi langsung dalam memenuhi kebutuhan anak untuk peningkatan akademiknya. Bahkan, ada empat orang siswa SMPN 1 Palu yang berhasil meraih nilai 100,’’ jelas Farida Batjo.

Lebih lanjut, kata dia, pendidikan tidak semata-mata melihat hasil, namun pendidikan mengajarkan untuk  menghargai proses. Sebab, proses yang baik tidak akan mungkin menghianati hasil.

Dia berharap, dengan capaian ini jangan terlalu cepat berbangga diri, sebab ini bukan akhir dari sebuah perjalan menimbah ilmu pengetahuan, namun hasil ini merupakan langkah awal untuk melangkah kedepan.

“Semoga proses yang sudah terbangun sejak SMP ini, dapat terbangun lagi di tingkat SMA, terlebih khusus pelibatan orangtua dalam pendidikan anak, ”  harap Farida Batjo, sembarti menambahkan target yang dicanangkan pihak sekolah dapat terwujud. (*)

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas