Home Ekonomi

Jelang Lebaran, Bisnis Parcel Banjir Pesanan

253
Berbagai jenis bingkisan parcel yang dijajakan UD Asia Jaya di Jalan Gajah Mada Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sudah menjadi tradisi masyarakat, menjelang hari raya besar keagamaan memberikan bingkisan parcel untuk sekedar membalas bingkisan terdahulu yang diberikan.

Momentum Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya paling besar di Indonesia jika berpatokan pada jumlah penduduk pemeluk agamanya. Hal itu juga yang membuat pasar bisnis parcel begitu menjanjikan. Apalagi mendekati hari pelaksanaan hari raya.

Hal itu diakui salah seorang admin toko parcel UD Asia Jaya, Risky di bilangan Gajah Mada Kota Palu, Selasa (28/5/2019). Menurutnya, pemesanan parcel melonjak bahkan 100 persen jika dibandingkan dengan hari besar keagamaan lainnya.

“Mendekati lebaran seperti ini, ya meningkat. Lebih banyak dibandingkan dengan hari raya yang lain. Orang memanfaatkannya kan untuk tukar parcel atau membalas parcel yang sempat dia terima ketika mungkin hari raya agama sahabatnya,” tuturnya.

Tak hanya sekedar membalas parcel, permintaan pemesanan juga kebanyak datang dari berbagai perusahaan untuk memberikan bingkisan kepada karyawan.

“Sempat ada yang memesan juga untuk dibagikan parcelnya kepada karyawannya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, permintaan tidak hanya dari Kota Palu, malainkan datang dari berbagai daerah seperti Kabupaten Poso, Donggala, Parigi Moutong, hingga Banggai Kepulauan.

“Ada juga datang dari jauh, pokoknya tidak terhitung,” katanya.

Menurutnya, hal yang membuat tokonya mendapatkan permintaan membeludak akibat sangat terbatasnya pebisnis parcel di Kota Palu. Padahal, kata dia, bisnis tersebut juga sangat menguntungkan meski bukan menghadapi hari besar keagamaan.

“Tetap ada yang memesan, hanya saja memang tidak sebanyak yang ada ketika mau hari raya. Menurut saya terbatas pelaku usaha sih, disini saja tidak sampai sepuluh toko,” tutur Risky.

Lanjutnya, toko UD Asia Jaya menawarkan kepada masyarakat berbagai jenis parcel dengan harga yang variatif, mulai dari Rp150 ribu per paket hingga Rp1 juta per paket.

“Tergantung harganya. Insinya kalau yang paling murah rata-rata bingkisannya mekanan, sedangkan yang premiaum beragam isi didalamnya,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas