Home Palu

Kadinsos Mundur Tidak karena Jadup

326
Arfan. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Belum genap sebulan menjabat Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Palu, Agus Munandar mengundurkan diri. Pengunduran diri Kadinsos Agus Munandar menimbulkan isu liar yang dikait-kaitkan ketidakmampuan menangani dana Jaminan Hidup (Jadup) bagi masyarakat terdampak bencana di daerah ini.

Namun isu tersebut terbantahkan melalui Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu Arfan. Dia menegaskan pengunduran diri Agus Munandar tidak karena penanganan dana Jadup, melainkan masalah kesehatan.

“Tidak benar, saya informasikan pak Agus mundur karena masalah kesehatan,” ujar Arfan, Minggu, 26 Mei 2019.

Dia mengatakan masalah kesehatan membuat Agus mengundurkan dari jabatannya yang belum genap satu bulan itu sejak diambil sumpahnya pada akhir April lalu.

“Murni hanya masalah kesehatan. Itu informasi yang saya terima dari beliau,” ucap Arfan.

Arfan menyampaikan pihaknya saat ini belum menerima dana Jadup untuk disalurkan kepada warga terdampak penghuni hunian sementara (huntara). Itu karena pihak Kementerian Sosial sedang dalam verifikasi validasi data penerima dana santunan tahap kedua.

“Belum ada dana Jadup. Kemensos baru ngurus dana santunan tahan dua,” jelasnya.

Diterangkan untuk menyalurkan dana jadup, seluruh warga terdampak bencana harus menempati huntara yang disediakan. Setelah itu barulah jadup disalurkan kepada warga tersebut.

Seperti diketahui, sesuai penetapan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Palu pada April 2019 lalu, Agus Munandar dilantik Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said bersama 12 pejabat eselon II b lainnya sebagai Kadinsos Palu.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas