Home Ekonomi

Disperdagin Fokus Gelar Pasar Lentora Empat Kecamatan

409
Syamsul Saifudin. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kota Palu dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian kembali akan memfokuskan mengadakan kegiatan pasar rakyat (pasar lentora) di empat kecamatan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu, Syamsul Saifudin mengungkapkan empat kecamatan yang menjadi prioritas ditahun ini yakni, Kecamatan Palu Selatan, Mantikulore, Tatanga dan Palu Barat.

“Sesuai instruksi Wali Kota Palu ditunjuk empat kecamatan. Tapi, yang jadi dianggap bersedia baru dua kecamatan, Palu Barat ditempatkan di kawasan Palu Plaza dan Kecamatan Tatanga di Jalan Pue Bongo,” ungkapnya, Senin (27/5/2019).

Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa camat dan OPD terkait diantaranya, Dinas Perhubungan. Sementara itu, pembukaan kegiatan pasar lentora tersebut akan dilaksanakan 30 Mei mendatang dan secara resmi dibuka oleh Wali Kota Palu, Drs Hidayat.

“Kita sudah adakan rapat dengan beberapa pihak yang terkait dengan hal itu, salah satunya dalam mengantisipasi kemacetan yang terjadi nanti khususnya di daerah Palu Plaza,” ujarnya.

Perbandingan ditahun sebelumnya, kata Syamsul, masyarakat hanya lebih terfokus pada satu kawasan saja yaitu Palu Plaza. Namun, melalui pemerintah Kota Palu beberapa kecamatan juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan perbelanjaan masyarakat sebelumnya cenderung hanya terfokus di satu titik saja. Namun, kita mengubah semua itu, apalagi pascabencana keinginan kita agar perekonomian masyarakat berjalan dengan lancar,” katanya.

Syamsul meminta kepada pihak panitia penyelenggara agar pemasukan dari penjualan para pedagang di setiap harinya di kegiatan pasar lentora harus diketahui. Artinya, lanjut Syamsul, dalam satu minggu ke depan kegiatan tersebut terjadi transaksi penjualan yang dapat dihitung.

“Maka dari itu saya minta kepada tim agar melakukan pemantauan terhadap kegiatan itu untuk memberikan bimbingan sehingga kita akan tahu berapa jumlah transaksi penjualan,” terangnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas