Home Sulteng

Besok, Mudik Gratis Diberangkatkan

176
Sumarno. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

  • Dishub Imbau Pemudik Tak Bawa Barang Berlebihan

Palu, Metrosulawesi.id – Mudik gratis Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan diberangkatkan besok, Rabu, 29 Mei 2019. Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng Sumarno mengungkapkan pemberangkatan akan dilepas oleh Gubernur H Longki Djanggola di Jalan Sam Ratulangi Palu.

“Pemberangkatan jam 09.00 Wita, kalau pak gubernur berhalangan, mungkin yang melepas pak Sekprov,” ungkap Sumarno kepada Metrosulawesi, Senin, 27 Mei 2019.

Dia menerangkan sebelum pemberangkatan, pemudik gratis harus kumpul di Kantor Dishub Sulteng Jalan Kartini Palu. Itu dilakukan untuk mendata kembali para pemudik sesuai pendaftar yang tercatat di Didishub Sulteng.

“Kami imbau semua pemudik harus sudah kumpul di Kantor Dishub Sulteng jam 06.00 Wita. Kami juga mengimbau agar mereka (pemudik) tidak membawa barang secara berlebihan,” ujar Sumarno.

Sumarno menambahkan bus-bus yang akan digunakan pemudik telah melalui proses ramp check. Tujuannya agar bus yang ditumpangi para pemudik dalam keadaan laik jalan demi keselamatan.

“Kalau untuk pemeriksaan sopir pengangkut pemudik dilakukan pada pagi hari sebelum pemberangkatan,” tandasnya.

Adapun pendafatar mudik gratis yang bertujuan kedelapan jurusan hampir mencapai 500 orang. Dishub mencatat total pendaftar 493 orang dari kuota yang sebelumnya disiapkan hanya sekitar 400 orang.

Pemudik gratis akan diberangkatkan menggunakan sekitar 57 bus dengan delapan jurusan yaitu Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali.

Seperti diketahui, prioritas pemudik gratis sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu pelajar dan mahasiswa. Selain itu, juga kepada masyarakat umum dengan status ekonomi lemah di daerah ini. Dishub berharap para pemudik tiba dengan selamat ketujuan masing-masing bertemu keluarga.

“Semoga pemudik bisa sampai ketujuan masing-masing dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga,” pungkas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas