Home Ekonomi

Harga Bawang Putih Kembali Normal

213
Bawang putih. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pasca kenaikan bawang putih yang sempat meresahkan masyarakat beberapa waktu lalu, kini harga bawang putih tersebut di Kota Palu kembali normal.

Hal ini diungkapkan Ardi, salah seorang pedagang di pasar tradisional Kota Palu, Minggu (26/5/2019). Ia menyebut mahalnya harga bawang putih yang dijual para pedagang di pasar tradisional terbesar di Sulawesi Tengah itu disebabkan kurang pasokan bawang putih dari distributor sementara permintaan akan bawang putih sangat tinggi.

“Sekarang sudah turun harganya sekitar Rp40-Rp50/ kg. Bawang merah pun juga ikut turun dari Rp40 menjadi Rp30 /kg,” ungkapnya.

Seperti diketahui harga bawang putih sempat mengalami kenaikan dan menembus diangka Rp80 hingga Rp90 ribu per kilogram.

“Hampir semua sembako harganya naik tapi yang naik harganya itu bawang putih, Tapi, hari ini sudah turun karena stok sudah ada,” ujarnya.

Sementara itu, kata Ardi, khusus untuk tomat mengalami kenaikan dari Rp8 ribu/kg menjadi Rp12 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga tomat yang diambilnya dari pengecer dengan harga Rp6.500, kini menjadi Rp9.500 perkilogram.

“Karena yang menjadi masalah adalah pengiriman dan stok sekarang ini mengalami kekurangan. Telur turun dari ukuran Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu per rak,” katanya.

Dari pantauan Metrosulawesi pasar tradisional Inpres Manonda harga Minyak goreng 1 liter berkisar Rp14 ribu. Sedangkan, minyak goreng Ukuran 2 liter sekitar Rp28. Cabe keriting juga alami kenaikan dari Rp24/kg menjadi Rp30 /kg.

Sedangkan, Cabe rawit ijo dan merah masih tetap Rp35/ kg. Untuk gula pasir naik dari Rp 12.500 menjadi Rp13 ribu/kg. Sementara, Beras Kepala Rp10 ribu /kg. Sedangkan, untuk Per karung Rp 475 ribu.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas