Home Donggala

Yusuf Lamangkapali Jadi Plt Kadis Sosial

233
Moh Yasin. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Kursi Kadis Sosial sejak beberapa pekan kemarin mengalami kekosongan dikarenakan kadisnya tersandung kasus dugaan korupsi RLTH tahun 2017. Kini sudah terisi dengan ditempatkan Asisten I Yusuf Lamangkapali menjabat pelaksana tugas (Plt). Proses pengisian kekosongan jabatan itu sudah dilakuakan pada Rabu kemarin.

“Dinsos butuh Plt dikarenakan banyaknya program yang sifatnya urgen utamanya menyangkut korban bencana gempa/ tsunami. Jadi memang sudah tepat jika pak bupati menempatkana asisten I Yusuf Lamangkapali meneruskan kerja Pak Budi kadis dinsos sebelumnya,” kata wabup sore kemarin (23/5) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, alasan penunjukan asisten I menjabat Plt dikarenakan sesuai dengan tupoksinya karena Asisten I serumpun atau membawahi dinas social. Persoalan jangka waktu menjadi Plt di dinsos tidak dibatasai, bisa setahun sambil menunggu hasil putusan pengadilan.

“Kan kasus hukum kadis sosial masih berproses pengadilan belum memutuskan dia bersalah atau tidak, jika tidak terbukti kadis sosial pak Budi bisa kembali lagi berkantor dan menjadi Kadis. Kinerja pak Asisten I tidak dibatasi waktu kapan saja bisa berganti,” sebutnya.

Yasin menambahkan Plt Kadis Sosial juga punya keterbatasan wewenang dalam menduduki jabatan tersebut, segala kebijakan teknis harus berkonsultasi dengan bupati.

“Tidak semua kebijakan dinas bisa dia diputuskan, ada batas-batas kewenangan seorang plt,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas