Home Palu

Turun Da’i Cilik Ceramah di Sejumlah Masjid

247
FOTO BERSAMA - Sejumlah siswa SMP Otak Kanan Palu saat turun safari ramadan di salah satu masjid di Palu, belum lama ini. (Foto: Ist)

  • SMP Otak Kanan Palu Ikut Safari Ramadan

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Otak Kanan Palu menurun sejumlah Da’i-Da’i Cilik dalam rangka mengikuti Safari Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi, untuk berceramah di sejumlah masjid yang ada di Kota Palu dan sekitarnya.

“Para siswa itu turun ke sejumlah masjid dalam mengisi ceramah agama sejak malam ke-4 Ramadan, Insya Allah juga malam ke20 dini hari juga akan turun,” ujar Panitia Safari Ramadan SMP Otak Kanan Palu Faidah Citra, melalui ponselnya, Jumat, 24 Mei 2019.

Citra mengatakan para siswa yang mengikuti Safari Ramadan ini ada yang kelas VII dan VIII, sebelum mereka turun ceramah, para siswa ini telah melalui tahapan seleksi, sehingga sudah siap untuk turun langsung di lapangan dalam bertausyiah di depan masyarakat banyak.

“Tausiyah yang disampaikan bermacam-macam yang jelasnya rata-rata temanya itu tentang keutamanya bulan suci Ramadan,” katanya.

Kata dia, para siswa mengisi ceramah agama setelah sholat Tarwih atau sebelum sholat Isya.

“Yang mengikuti safari ramadan ini lebih dari sepuluh siswa turun berceramah di sejumlah masjid,” ungkapnya.

Citra mengungkapkan tujuannya sebenarnya SMP Otak Kanan Palu ingin menebarkan kebaikan selama bulan suci Ramadan, agar dapat memotivasi sejumlah siswa lainya.

“Karena di Palu ini kebanyakan tim safari ramadan dari sekolah-sekolah itu kebanyakan Madrasah Aliyah, namun dari jenjang SMP belum ada. Jadi kami dari SMP Otak Kanan mencoba untuk turun juga untuk safari ramadan,” ujarnya.

Sebelum puasa kata Citra, tim da’i ini sudah dilatih semua, sehingga ketika turun bertausyiah tidak kaku lagi.

“Sekitar 30 siswa berminat ingin menjadi da’i cilik untuk turun di safari ramadan,” ungkapnya.

Citra mengatakan safari ramadan ini akan berakhir pada malam ke 25 ramadan. Karena di tanggal 25 itu SMP Otak Kanan terakhir sekolah.

“Kami berharap para da’i cilik ini mendapatkan amal jariyah karena sudah mendapatkan kebaikan ke masyarakat, kita membuat ini bukan berarti ilmu para da’i ini lebih tinggi dari yang lebih dewasa, tetapi ini hanya semata-mata untuk berbagi kebaikan, jadi jangan lihat siapa yang menyampaikan, tetapi lihat apa yang disampaikan,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas