Home Pendidikan

PPDB SMK Tanpa Sistem Zonasi

209
Dr Hatija Yahya. (Foto: Dok Metrosulawesi)

  • Diadakan Seleksi Peminatan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Hatija Yahya mengungkapkan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMK telah dibuka.

“PPDB SMK tidak menggunakan sistem zonasi, SMK mengaturnya dengan sistem seleksi masing-masing,” kata Hatija melalui ponselnya, Jumat, 24 Mei 2019.

Hatija mengungkapkan, Kepala Disdikbud Sulteng sudah mengeluarkan Surat Edaran tentang PPDB SMK.

“Saya melihat sudah ada sebagian SMK telah membuka penerimaan siswa baru, mungkin juga sebagian belum buka. Yang jelas SMKN 1 Palu sepengatahuan saya sudah buka PPDB,” ujarnya.

Hatija mengimbau kepada sejumlah SMK agar menerima siswa tidak melebihi kuota 36 siswa per rombongan belajar (rombel). Sekolah diharapkan menerima peserta didik sesuai ketentuan.

“Khusus SMK diadakan seleksi peminatan. Paling tidak siswa yang masuk sudah diketahui minatnya, maka khusus untuk sekolah-sekolah besar melakukan seleksi terhadap peminatnya,” ungkapnya.

Hatija mengatakan PPDB tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, karena penerimaannya juga diserahkan ke sekolah.

“Jadi ada sekolah yang mau melaksanakan PPDB secara online, ada juga melaksanakan PPDB secara konvensional itu disilahkan. Kami di Disdikbud Sulteng belum menyediakan sistem tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tengah telah mengeluarkan Surat Edaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA.

Dalam surat edaran itu dimulai pengambilan formulir pada tanggal 20 Mei sampai 3 Juni 2019, sementara pemasukan berkas pendaftaran dilaksanakan 10-17 Juni 2019, kemudian pengumuman seleksi PPDB dilaksanakan tanggal 25 Juni 2019.

Kepala Disdikbud Sulteng Irwan Lahace mengaku, telah menandatangani surat edaran PPDB dengan merujuk Permendikbud Nomor 51 tahun 2019.

“Namun Permendikbud ini mengamanatkan agar adanya Peraturan Gubernur (Pergub). Mengenai Pergub PPDB sementara di asistensi di Kemendagri RI, tetapi agar pelaksanaan PPDB tidak terhambat saya keluarkan surat edaran dengan merujuk dengan Pemendikbud,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas