Home Politik

Senin, Cawagub Sulteng Ditetapkan

243
Muharram Nurdin. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Jika tidak ada aral melintang, kurun waktu satu bulan kedepan masyarakat Sulawesi Tengah sudah memiliki Wakil Gubernur yang telah kosong kurang lebih dua tahun. Kepastian itu seiring ditetapkannya jadwal pemilihan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah oleh DPRD Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Muharram Nurdin, menyampaikan, sesuai rencana paripurna penetapan calon wagub dilaksanakan pada Senin 27 Mei 2019. Dua calon Wagub yang diajukan partai politik melalui Gubernur dinyatakan sudah memenuhi syarat.

“Untuk persyaratan dua calon Wagub, sudah memenuhi syarat. Rencana Penetapan calon wagub 27 Mei 2019 dan pemilihan wagub 24 Juni 2019,” kata Muharram Nurdin, Kamis 23 Mei 2019.

Dengan memenuhi syaratnya dua calon Wagub tersebut, maka sesuai mekanisme aturan perundangan, DPRD akan menetapkan dua calon Wagub. Bagi calon yang berstatus ASN, TNI, Polri dan pejebat negara lainnya termasuk anggota dewan, makan harus mengundurkan diri dari jabatannya sebelum hari pencoblosan.

Dari dua calon tersebut, Rusli Dg Palabbi, saat ini masih menjabat Anggota DPRD Sulawesi Tengah. Dengan demikian Rusli Palabbi harus mundur dari jabatannya sebagai persyaratan maju dalam pemilihan Wagub.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas