Home Sulteng

493 Orang Pemudik Gratis Pemprov

238
Sumarno. (Foto: Dok Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

  • Delapan Jurusan Terisi Full

Palu, Metrosulawesi.id – Kuota mudik gratis Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H telah terisi penuh. Kuota tersebut full sepekan masa pendaftaran berakhir pada 28 Mei mendatang.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Sulteng Sumarno mengatakan total pendafatar untuk delapan jurusan mudik gratis hampir mencapai 500 orang. Dishub mencatat total pendaftar 493 orang dari kuota yang sebelumnya disiapkan hanya sekitar 400 orang.

“Tanggal 21 Mei kemarin kuota sudah terisi penuh, semua jurusan mudik gratis full. Sebenarnya kuota tahun ini hanya 400-an, hanya saja melihat animo masyarakat sehingga kami tambah,” ujar Sumarno kepada Metrosulawesi, Rabu, 22 Mei 2019.

Pemudik gratis akan diberangkatkan menggunakan sekitar 50 bus dengan delapan jurusan yaitu Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali. Pemberangkatan mudik gratis akan dilepas oleh Gubernur Sulteng di Jalan Sam Ratulangi Palu pada 29 Mei.

Sumarno mengungkapkan hingga saat ini masyarakat masih berdatangan ke kantor Dishub Sulteng di Jalan Kartini Palu untuk mendaftarkan diri peserta mudik gratis. Namun karena kuota yang telah terpenuhi, Dishub hanya memasukkan dalam daftar antrean. Pendaftar anteran akan diikutkan mudik gratis apabila nantinya ada yang melakukan pembatalan.

“Selain itu sebagian masyarakat kami anjurkan mendaftar ke kantor salah satu partai yang juga melaksanakan mudik gratis,” ungkap Sumarno.

Sebelum pemberangkatan, Dishub bersama Perusahaan otobis (PO) akan memastikan armada yang digunakan laik jalan atau dalam kondisi baik. Selain untuk membantu masyarakat, program mudik gratis sendiri bertujuan mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Prioritas pemudik gratis sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu pelajar dan mahasiswa. Selain itu, juga kepada masyarakat umum dengan status ekonomi lemah di daerah ini. Dishub berharap para pemudik tiba dengan selamat ketujuan masing-masing bertemu keluarga.

“Semoga pemudik bisa sampai ketujuan masing-masing dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga,” pungkas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas