Home Ekonomi

Besok, Disperindag Gelar Pasar Murah di Vatulemo

329
Moh. Arif Latjuba. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan menggelar kegiatan pasar murah dilapangan Vatulemo Kota Palu, selama dua hari terhitung 22-23 Mei mendatang.

Kepala Disperindag Sulteng, Moh. Arif Latjuba saat dihubungi Metrosulawesi, Senin (20/5/2019) mengatakan kegiatan ini juga untuk menekan inflasi sehingga pihaknya dalam kegiatan ini berkolaborasi dengan TPID.

“Pada bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami melaksanakan beberapa kali pasar murah di beberapa wilayah di Kota Palu secara berkelanjutan. Apalagi, melihat di bulan ini banyak sekali HKBN dan sampai saat ini belum menemui kendala pada kegiatan pasar murah,” ujarnya.

Kegiatan pasar murah ini, dia memastikan harga bahan kebutuhan pokok harganya sangat terjangkau karena langsung melibatkan pihak 10 distributor seperti Perum Bulog, PT Perusahan Perdagangan Indonesia, Hiswana Migas, Pertamina, Hypermart, Alfamidi, Carefour dan beberapa UKM serta UMKM.

“Dengan adanya pasar murah ini, saya berharap bisa menekan kenaikan harga barang, karena sebelum di laksanakan pasar murah harga di pasar seperti bawang merah dan bawang putih sempat mengalami kenaikan harga yang signifikan,” harapnya.

Terkait dengan stok sembako di bulan puasa, Arif mengatakan, pihaknya sudah meminta para distributor barang kebutuhan pokok di daerah ini untuk meningkatkan stok dari biasanya.

“Hal ini dimaksudkan agar persedian sembako selama bulan puasa dalam keadaan cukup, sehingga harga di pasaran tidak mengalami kenaikan secara berlebihan dari biasanya,”katanya.

Dengan demikian, kata Arif masyarakat kurang mampu bisa membeli barang kebutuhan pokok sehari-hari sesuai kebutuhan untuk persiapan menghadapi memasuki bulan Ramadhan nanti.

“Kalau stok sembako di tangan pedagang cukup banyak, maka meski harga mengalami kenaikan tidak terlalu tinggi, sehingga masyarakat kurang mampu dapat membeli barang ini sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam setiap kegiatan pasar murah Disperindag Sulteng menargetkan omset pendapatan kurang lebih sekitar Rp250 hingga Rp400 juta.

“Yah, kalau pasar murah yang akan diadakan di lapangan Vatulemo. Kami berharap melewati target yang didapat sebelumnya,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas