Home Sulselbar 2020, Gaji Kades di Pasangkayu Setara ASN

2020, Gaji Kades di Pasangkayu Setara ASN

65
H Agus Ambo Djiwa. (Foto: Ist)

Pasangkayu, Metrosulawesi.id – Penghasil Tetap atau gaji dan tunjangan seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Pasangkayu mengalami kenaikan 2020 mendatang. Tidak hanya Kades perangkatnya juga mendapat tambahan penghasilan.

Hal tersebut disampaikan oleh Buoati Pasangkayu, Ir H Agus Ambo Djiwa MP, terkait penghasilan tetap Kades yang akan setara dengan gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berpangkat golongan II A.

“Negara telah merencanakan, juga tertuang di Visi-Misi Presiden dan Wakil Presiden kita,” katanya, Minggu 19 Mei 2019.

Dikatakan bahwa dasar hukum kenaikan Gaji Kades tersebut, tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2019 Tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Jadi Kaddes ini, nantinya akan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang merupakan dana Transfer pemerintah Pusat ke Kabupaten,” jelasnya.

Disampaikan bahwa besaran Gaji serta tunjangan Kades sendiri yakni Rp. 2.426.640, atau setara 120 persen dari gaji pokok ASN golongan ruang II A.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Rp. 2.224.420 setara 110 persen dari gaji pokok ASN golongan ruang II A. Sementara besaran gaji serta tunjangan Kepala Dusun dan Perangkat desa lainnya yakni Rp. 2.022.200 atau setara 100 persen dari gaji pokok ASN golongan ruang II A.

Menurutnya bagi desa dimana kepala dusunnya belum mendapatkan kendaraan Roda Dua dari Pemkab Pasangkayu, itu juga bisa dianggarkan di APBDesa.

“Untuk pengadaan motor bagi kepala dusun tidak lagi di anggarkan di Kabupaten dan itu sudah dibebankan ke desa,” pungkasnya.

Reporter: Egi Sugianto
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here