Home Politik Tiga Eks Kader Gerindra Terpilih Jadi Anggota Dewan

Tiga Eks Kader Gerindra Terpilih Jadi Anggota Dewan

143
Hasan Patongai, Sonny Tandra dan Suyutin Budianto. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Beberapa bulan jelang Pemilu 17 April 2019 lalu, perpolitikan di Sulawesi Tengah sempat diwarnai dengan pindahnya tiga orang kader Partai Gerindra ke Partai Nasdem, dua diantaranya bahkan harus merelakan posisinya sebagai anggota dewan dicabut.

Perpindahan ketiga eks kader Gerindra itu ternyata membuahkan hasil manis. Pasalnya, ketiga orang tersebut bakal duduk di kursi anggota dewan setelah terpilih pada Pileg 17 April 2019 lalu. Kini ketiganya tinggal menunggu penetapan dari KPU masing-masing.

Ialah Hasan Patongai. Memutuskan mundur dari DPRD Sulawesi Tengah dan keluar dari Gerindra serta memilih berlabuh di Nasdem, ternyata mengantarkannya kembali terpilih sebagai anggota dewan setelah meraih 7.413 suara dan menjadi pemilik suara terbanyak diinternal Nasdem dari Dapil Sulawesi Tengah 3 (Kabupaten Buol-Tolitoli).

Keputusan keluar dari Gerindra dan mundur sebagai Anggota DPRD Sulawesi Tengah juga diambil Sonny Tandra. Menyisahkan satu tahun masa jabatan sebagai anggota dewan, Sonny lebih memilih maju menjadi caleg sebagai kader partai Nasdem.

Perpindahan partai politik Sonny Tandra tidak sia-sia. Sonny Tandra menjadi pemilik kursi kedua Nasdem dari Dapil Sulawesi Tengah Lima (Poso, Touna, Morowali dan Morut) setelah partai tersebut meraih dua kursi dari Dapil 5 tersebut.

Mundur dari Gerindra dan masuk ke Nasdem juga dilakukan Suyutin Budianto. Keputusan tersebut membuahkan hasil menggembirkan baginya, karena Suyutin dinyatakan peraih suara terbanyak di internal Nasdem dari Dapil Parimo 3 dengan meraih 1.597 suara.

Kini Suyutin digadang-gadang bakal menduduki posisi Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong setelah Nasdem menjadi pemenang Pileg untuk Kabupaten Parigi Moutong setelah meraih lima kursi.

Ketiga eks kader Gerindra itu kini tinggal menunggu penetapan dari KPU masing-masing daerahnya dan menunggu pelantikan sebagai anggota dewan pada September 2019 mendatang.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here