Home Palu

Sertifikasi Guru Non PNS Dibayar Sebelum Lebaran

465
Imam Sutarto. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Imam Sutarto mengungkapkan, pihaknya telah mencairkan dana tunjangan profesi (sertifikasi) guru PNS pada Triwulan 1.

“Rincian Guru PNS yang menerima dana sertifikasi itu yakni guru TK 212, SD 990, dan SMP 730 orang. Jadi kisaran presentasenya sudah 98 persen guru di Palu dari semua jenjang TK, SD dan SMP telah menerima dana sertifikasi,” kata Imam di Palu, belum lama ini.

Imam mengaku, masih ada beberapa guru PNS yang belum valid datanya, sehingga belum menerima dana sertifikasi. Namun operator sementara berupaya agar data guru tersebut bisa valid.

“Penyebab tidak validnya data para guru itu, karena jumlah mengajarnya tidak mencukupi jam wajib 24 jam,” ungkapnya.

Sementara untuk sertifikasi Guru Non PNS, Imam mengungkapkan, pengelolaannya langsung dari Kemendikbud RI dan langsung masuk ke rekening Guru non PNS. Pihaknya belum bisa mendeteksi kapan dana sertifikasi tersebut dicairkan.

“Tetapi komitmen dari Kemendikbud RI untuk sertifikasi non PNS TW 1 akan dibayarkan sebelum lebaran. Ini akan diselesaikan semuanya sebelum lebaran. Karena memang di momen saat ini, semua orang membutuhkan pembiayaan,” ujarnya.

Sedangkan kata Imam, untuk tunjangan khusus tahap II yang diberikan kepada guru terdampak bencana di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) diupayakan sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah cair.

“Informasi terakhir kami dapat dari Kemendikbud RI, Insya Allah paling lama sepekan sebelum lebaran sudah akan dicairkan. Olehnya itu kami berharap para guru tetap bersabar karena masih harus melalui proses administrasi,” kata Imam.

Imam mengatakan untuk tunjangan khusus tahap II, Disdikbud Palu kali ini mengajukan usulan baru dengan menyisir semua sekolah, dengan catatan bagi guru-guru yang masuk datanya di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas