Home Hukum & Kriminal Mencuri di Siang Bolong, Dua Pemuda Babak Belur Dihakimi Warga

Mencuri di Siang Bolong, Dua Pemuda Babak Belur Dihakimi Warga

134
Kapolsek Palu Selatan, AKP Awaluddin Rahman. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dua Pemuda pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) menjadi bulan-bulanan masa sekitar pukul 12.00 Wita, Sabtu, 18 Mei 2019. Kedua pemuda itu tertangkap tangan oleh warga saat hendak mengambil barang curiannya yang sudah di sembunyuikan di belakang rumah Korban.

Informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan kedua pelaku berawal saat warga sekitar rumah milik Mushonef (korban_red), yang berada di lorong Hercules, Jalan Garuda, Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, telah dimasuki pelaku pencurian sekitar pukul 10.30 Wita, Sabtu, 18 Mei 2019.

Saat mengetahui rumahnya dimasuki pencuri, pemilik rumah langsung melakukan pencarian dan menemukan sebagian barang-barangnya masih disembunyikan pelaku di belakang rumahnya. Namun barang barang yang lain sudah raib di bawa kabur pelaku.

Mengetahui hal tersebut, warga yang geram langsung mencoba menjebak pelaku yang diduga masih akan kembali mengambil sisa barang curiannya tersebut. Benar saja, selang beberapa jam, kedua pelaku sekitar pukul 12.00 Wita, Sabtu 18 Mei 2019, dengan menggunakan sepeda motor mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan langsung menuju lokasi barang curian yang disembunyikan itu.

Warga yang sudah menunggu pun langsung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku yang sempat kabur menggunakan sepeda motor, namun naas kedua pelaku terjatuh dan menjadi bulan-bulanan warga. Beruntung personil Basarnas yang mengetahui kejadian tersebut langsung mengamankan pelaku dari amukan warga. Kedua pelaku pun diamankan di kantor Basarnas Sulteng, yang tak jauh dari TKP, kemudian ke Polsek Palu Selatan.

Kapolsek Palu Selatan AKP Awaluddin Rahman, saat di temui Metrosulawesi, Minggu, 19 Mei 2019, membenarkan adanya penangkapan dua pelaku curat berinisial FD(22) warga jalan Kasuari, Kota Palu, dan rekanya RTA alias Tandi (18).

“Kedua pelaku yang sudah kami tetapkan sebagai tersangka itu sempat jadi amukan warga saat keduanya kembali mendatangi TKP untuk mengambil sisa barang hasil curiannya,” tambahnya.

AKP Awaluddin Rahman juga mengatakan dari tangan kedua tersangka itu pertugas mengamankan barang bukti (babuk) berupa tiga buah hand phone, satu buah TV, satu tabung gas, dan beberapa perabot lainnya, serta satu Unit sepeda motor merk Honda dengan Nomor Polisi, DN 2719 VK, yang di gunakan kedua pelaku saat melakukan aksinya.

“Kedua pelaku saat ini sudah kami amankan di Mapolsek Palu Selatan untuk proses lebih lanjut,” tegasnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here