Home Sulteng Stok Sapi Sulteng Aman Untuk Kebutuhan Lebaran

Stok Sapi Sulteng Aman Untuk Kebutuhan Lebaran

91
Greesje Kuhu. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menjamin stok sapi di daerah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019. Itu karena hampir semua kabupaten/kota di Sulteng penghasil sapi.

“Kita tidak perlu impor dari luar karena stok cukup untuk memenuhi kebutuhan se Sulawesi Tengah,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunak Sulteng Greesje Kuhu kepada Metrosulawesi, Jumat, 17 Mei 2019.

Dia mengatakan secara umum sapi yang ada di Sulteng layak untuk dikonsumsi karena telah melalui pemeriksaan. Sebelum dan sesudah disembelih, ternak sapi akan diperiksa petugas kesehatan hewan. Diimbau masyarakat agar memotong ternak sapi lewat Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Kalau lewat RPH kualitas daging terjamin karena telah melalui pemeriksaan petugas hewan,” ucapnya.

Greesje mengatakan masyarakat bisa membawa ternaknya ke RPH Kota Palu yang berada di Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga. Sebelum dan sesudah disembelih, ternak sapi akan diperiksa.

Ternak-ternak yang tidak sehat, tidak bisa disembelih karena akan membahayakan kesehatan manusia. Ternak yang tidak sehat biasanya dirawat dan baru akan disembelih jika ternak itu benar-benar sudah sehat.

“Kami sarankan semua pemotongan ternak harus melalui RPH karena disana ada pemeriksaan. Sebagai jaminan kualitas daging dari RPH, nanti akan dikeluarkan surat keterangan sehat dan layak,” kata Greesje.

Untuk Sulteng lumbung penghasil ternak sapi terbesar masih berada di Kabupaten Banggai, Sigi, Donggala, Tojo Unauna dan Morowali. Setiap tahunnya lima kabupaten tersebut menyumbang kebutuhan daging sapi pada perayaan hari besar keagamaan di Sulteng.

Tercatat populasi ternak sapi pada 2016 mencapai 320.537 ekor, pada 2017 meningkat menjadi 353.486 ekor yang tersebar diberbagai kabupaten/kota se Sulteng. Sementara populasi ternak sapi sudah mencapai kisaran 450.000 ekor.

Ramadan tahun lalu kebutuhan pemotongan sapi tercatat sebanyak 2.373 ekor sapi. Untuk lebaran sebanyak 8.770 ekor, sehingga jumlah keselurahan mencapai 11.143 ekor. Kebutuhan pemotongan tersebut dipenuhi dari petani ternak sapi di kabupaten/kota se Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here