Home Ekonomi Harga Bahan Pokok Terus Naik Hingga Lebaran

Harga Bahan Pokok Terus Naik Hingga Lebaran

25
Salah satu lapak pedagang di Pasar Masomba beberapa waktu yang lalu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu memastikan naiknya harga bahan pokok (bahan makanan) akan terus terjadi kenaikan hingga lebaran nanti.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindag Kota Palu Syamsul Saifudin saat dihubungi Metrosulawesi, Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut dia mengungkapkan saat ini Kota Palu tidak memiliki stok yang banyak untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan telur ayam dan daging ayam.

“Bencana yang terjadi pada 28 September lalu banyak mengakibatkan usaha ayam petelur dan ayam pedaging di Kota Palu terhenti secara total. Dan sampai sekarang masih belum memulai usaha lagi,” ungkap Syamsul.

Saat ini, kata Syamsul, ayam pedaging dan telur ayam yang ada di Kota Palu sebagian besar dipasok dari Sulawesi Barat dan Kabupaten Tojo Una-una. Sedangkan, untuk pengendalian harga kedua komoditas itu jelang lebaran masih cukup sulit.

“Karena di Kota Palu tidak tersedia anakan ayam dan pakan ayam. Untuk DOC (anak ayam) kita datangkan dari luar kota, termasuk Surabaya,” terangnya.

Lebih jauh Ia juga mengimbau pelaku usaha untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan menimbun barang dalam rangka spekulasi. Pemerintah dan Satgas Pangan akan melakukan tindakan tegas.

“Apalagi, sampai menimbun kebutuhaan pokok, kami bersama Satgas Pengan Polda Sulteng akan menindak tegas, bagi oknum yang sengaja menimbun kebutuhaan pokok. Hingga kebutuhaan pokok tersebut menjadi mahal dipasaran,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here