Home Ekonomi DTPH akan Tanam Bawang Putih 550 Hektar

DTPH akan Tanam Bawang Putih 550 Hektar

56
Ramdan Toampo. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) menargetkan dapat menanam bawang putih sebanyak 550 hektar tersebar di sejumlah kabupaten yang punya suhu ideal.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Sayuran Dinas TPH, Ramdan Toampo kepada Metrosulawesi saat ditemui di kantornya Jalan Kartini, Kota Palu, Senin (13/5/2019).

Menurutnya, komoditi tersebut memang sulit beradaptasi dengan kondisi cuaca dan iklim di Sulteng, pun demikian secara skala nasional. Makanya, kata dia, komoditi bawang putih Indonesia berasal dari impor.

“Tahun ini kita targetkan melalui Anggaran Pembelanjaan Nasional (APBN) 550 hektar dapat ditanami bawang putih, tentunya melibatkan petani-petani yang perlu masih dibimbing. Agustus-November mulai penanaman,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebenarnya Sulteng sudah memiliki lahan bawang putih yang berproduksi, namun hasilnya sangat tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar yang setiap harinya betambah.

“Ada memang petani bawang putih yang menggarap, jika kumulatif sekitar 145 hektar namun tidak terlalu banyak dari hasil itu. Lokasinya tersebar di Kabupaten Sigi, Poso, Parigi Moutong dan Donggala,” ucapnya.

Selain kesulitan beradaptasi dengan cuaca, kata dia, kualitas bawang putih lokal sangat tertinggal jauh dibanding kualitas impor sehingga banyak konsumen mengalihkan pilihan terhadap bawang putih impor.

“Soal kualitas ukuran, kita kalah sama impor tapi segi aroma kita punya lebih bagus,” tutur Ramdan Toampo.

Saat ini, diakuinya, petani makin kesulitan memproduksi bawang putih karena lahan terdampak bencana, bahkan gagal panen akibat kejadian tersebut. Pemerintah berupaya membangkitkan kembali gairah petani lokal untuk kembali melakukan penanaman sehingga ketika pasar membutuhkan, stok tersedia dari petani lokal.

“Bawang putih memang sekitar 90 persen impor. Makanya target pemerintah saat ini 2021 kita bisa swasembada bawang putih,” imbuhnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here