Home Palu Arus Mudik Bakal Diguyur Hujan

Arus Mudik Bakal Diguyur Hujan

81
PANTAU CUACA - Prakirawan BMKG Palu Eka Trimas Widyatmoko memantau cuaca, Senin, 13 Mei 2019. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)
  • BMKG Palu Imbau Waspada Longsor

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palu memprakirakan arus mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di Sulawesi Tengah bakal diguyur hujan. Hal ini diungkapkan Prakirawan BMKG Palu Eka Trimas Widyatmoko kepada awak media, Senin, 13 Mei 2019.

“Bulan Mei memang sudah masuk masa transisi cuaca, tapi potensi hujan tetap masih ada,” ungkap Eka.

Dia menjelaskan saat arus mudik lebaran nanti, potensi hujan mulai dari intensitas sedang hingga lebat. Intensitas hujan bisa hingga dua jam yang diprakirakan mengguyur pada siang, sore atau malam hari.

Potensi hujan tersebut akan disertai petir dan angin kencang yang berada di wilayah Banggai, Morowali, Morowali Utara, Tojo Unauna, Poso dan Sigi. Diketahui wilayah-wilayah yang akan diguyur hujan tersebut merupakan tujuan para pemudik di Sulawesi Tengah.

Olehnya BMKG Palu mengimbau masyarakat waspada saat ingin mudik ke enam wilayah itu. Pemudik diharapkan memperhatikan prakiraan cuaca sebelum memutuskan mudik ke kampung halaman.

“Yang paling harus diwaspadai potensi longsor saat melintasi Kebun Kopi dan beberapa ruas jalan lainnya,” ucap Eka.

BMKG Palu kata Eka secara resmi akan mengeluarkan informasi cuaca arus mudik pada H-7 lebaran. Informasi cuaca akan diseberluaskan kepada masyarakat melalui posko terpadu di Bandara, Pelabuhan dan Terminal.

Selain itu, Masyarakat bisa mengakses informasi cuaca melalui media sosial facebook dan instagram BMKG Palu. Pilihan lainnya yaitu lewat website BMKG Palu yang juga bisa diakses menggunakan smartphone.

BMKG Palu memastikan informasi cuaca akan selalu diperbaharui dan apabila ada cuaca ekstrem akan dikeluarkan peringatan dini. Hal tersebut untuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan, khususnya saat arus mudik pada akhir Mei mendatang.

“Prakiraan cuaca yang kami sampaikan bisa berubah sewaktu-waktu makanya selalu diperbaharui. Tentu kalau ada perubahan cuaca yang signifikan, BMKG akan mengeluarkan warning atau peringatan dini,” tandas Eka.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here