Home Politik Kursi Demokrat dan Hanura Sulteng Terjun Bebas

Kursi Demokrat dan Hanura Sulteng Terjun Bebas

138
ILUSTRASI - Hanura dan Demokrat. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemilihan umum 2019 menghasilkan banyak kejutan, khususnya perebutan kursi untuk DPRD Sulawesi Tengah. Pasalnya, sejumlah partai politik harus kehilangan kursi yang cukup drastis di DPRD Sulawesi Tengah.

Partai Demokrat menjadi salah satu partai yang perolehan kursinya terjun bebas, dari sebelumnya meraih enam kursi, kini demokrat tidang mnyisahkan empat kursi.

Demokratpun harus kehilangan posisi unsur pimpinan di DPRD Sulawesi Tengah, posisi ditempati Demokrat kurun dua periode terakhir.

Perolehan kursi Demokrat hanya mampu membentuk satu fraksi, karena untuk DPRD Sulawesi Tengah satu fraksi minimal empat kursi. Dipastikan, Demokrat akan membentuk fraksi.

Pemilu 2019 Demokrat hanya meraih kursi dari Dapil Sulawesi Tengah 1 (Kota Palu) atas nama Hidayat Pakamundi, Dapil Sulawesi Tengah 2 (Parigi Moutong) atas nama Muh Nur Dg Rahmatu, Dapil Sulawesi Tengah Dapil Sulawesi Tengah 5 (Kabupaten Poso, Touna, Morowali dan Morut) atas nama Ellen Pelealu dan Dapil Sulawesi Tengah 6 (kabupaten Donggala dan Sigi) atas nama Marlela.

Dari empat kursi itu, hanya dua petahana yang bertahan yakni Marlela dan Nur Dg Rahmatu sementara empat caleg lainnya tumbang.

Selain Demokrat, Hanura juga menjadi salah satu partai dengan perolhan kursinya terjun bebas. Kini Hanura hanya diisi dua kursi di DPRD Sulawesi Tengah yakni Ismail Junus dari Dapil 4 (Banggai, Bangkep dan Balut) dan Halima Ladoali dari Dapil 3 (Tolitoli dan Buol).

Hanura kini tidak bisa membentuk satu fraksi, karena anggotanya hanya dua orang. Dipastikan Hanura bakal berkoalisi dengan partai lain untuk membentuk satu fraksi. Hasil Pemilu 2019 banyak menyisahkan cerita pemilu khususnya calon petahana.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here