Home Palu

Dosen Untad Tes Potensi Akademik

223
IKUT TES - Puluhan dosen Untad mengikuti tes potensi akademik di Auditorium Pascasarjana Untad, Sabtu, 11 Mei 2019. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Puluhan dosen di lingkungan Universitas Tadulako (Untad) mengikuti tes potensi akademik. Tes berlangsung di Auditorium Pascasarjana Untad, Sabtu, 11 Mei 2019.

Tes potensi akademik diselenggarakan oleh UPT Bahasa Untad bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kegiatan ini perdana dilaksanakan oleh UPT Bahasa Untad dibawah kepemimpinan Abdul Kamaruddin.

Kamarudin menjelaskan tes potensi akademik dimaksudkan untuk mempermudah para dosen yang ingin studi lanjut. Itu karena tes potensi akademik menjadi persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melanjutkan pendidikan.

“Dengan diadakannya tes potensi akademik di Untad, para dosen yang ingin studi lanjut tidak perlu repot-repot keluar kota untuk melakukan tes, sehingga mempermudah mereka serta tentunya menghemat biaya,” jelas Kamarudin.

Tes potensi akademik sendiri merupakan sebuah tes untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang dibidang keilmuan (akademik). Adapun materinya terdiri atas tes pengetahuan umum dan psikologi.

Tes tersebut kata Kamarudin diikuti 52 peserta terdiri atas 50 orang dosen Untad dan 2 orang lainnya peserta umum. Dalam kegiatan ini, UPT Bahasa Untad menghadirkan Asriani S.Sos MM dari Bappenas bertindak sebagai pengawas Utama.

Abdul Kamarudin mengharapkan kedepannya kerjasama dengan Bappenas ini dapat terus dilaksanakan agar dapat memberikan kemudahan bagi dosen serta masyarakat Kota Palu yang ingin melanjutkan pendidikan.

“Tujuan kita ingin membantu dosen dan masyarakat yang ingin melanjutkan studi,” tandas Kamarudin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas