Home Palu

Rapat Pleno Usai, Pemilu di Palu Jurdil dan Demokratis

259
Foto bersama sebelum pelaksanaan Rapat Pleno, KPU Kota Palu. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Kamis 9 Mei 2019, telah melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Hasil Perhitungan Suara tingkat Kota Palu, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, yang di laksanakan di GOR Siranindi Palu, Jalan Moh.Yamin, Kota Palu.

Dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Palu, yang baru beberapa bulan diterpa bencana alam, tergolong aman dan kondusif, serta jujur dan keterbukaan, dan tentunya Demokratis.Hal itu mendapat tanggapan Positif dari para Caleg dan Saksi Partai yang mengahadiri Rapat Pleno.

Seperti yang di sampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Kota Palu, Erman Lakuana, kepada Metro Sulawesi, yang mengapresiasi penyelenggaraan pemilu 2019, di Kota Palu.Dirinya mengatakan bahwa Pemilu 2019 di Kota Palu sudah menunjukan peningkatan kwalitas, dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat Kota Palu, untuk memberikan hak suaranya.

“Padahal kita tahu bersama, bahwa belum lama ini kita di Kota Palu, landa musibah bencana alam gempa bumi, Tsunami dan Liquifaksi, namun partisipasi memilih warga Kota Palu, di atas 60%,” ucapnya.

Erman Lakuana juga mengapresiasi tingkat natralitas penyelenggara Pemilu 2019 di Kota Palu, dikarenakan transparansi terkait dengan data-data Pemilu 2019, baik itu di tingkat KPPS, BPS, hingga KPU, saat dimintakan oleh siapapun itu, entah itu dari, media, parpol, maupun LSM, penyelenggara pemilu pasti berikan.

Suasana Rapat Pleno ,di Gor Siranindi, Kota Palu. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

“Tidak ada yang di tutupi.Seperti yang barusan berlangsung, Rapat Pleno terbuka, yang di saksikan secara langsung oleh semua, oleh warga yang hadir disini, termasuk para saksi Parpol, dan Caleg yang hadir,” tambahnya.

Selain itu, Erman juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Keamanan, entah itu dari Polri ataupun TNI, yang selalu hadir ditengah-tengah tempat penyelenggaraan Pemilu, baik di KPU hingga di TPS, saat pemungutan suara, yang dapat mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi, hingga Kamtibmas Kota Palu dapat terjaga.

“Petugas keamanan selalu hadir ditengah-tengah tempat penyelenggaraan Pemilu, hingga kamtibmas Kota Palu, dapat terjaga, mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, hingga rapat Pleno malam ini,” tutupnya.

Sementara itu Saksi dari Partai Nasdem, Bambang Triwahyudi, yang juga mengahdiri Rapat Pleno kepada Metrosulawesi juga mengatakan pemilu 2019 di Kota Palu, sangat baik, mulai dari keterbukaan, kejujuran dan sanghat demokratis.

“Pemilu 2019 di Kota Palu berjalan dengan transparan dan demokratis, dan itu yang berdampak kepada Kamtibmas Kota Palu yang kondusif,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas