Home Politik

Siapa Pemilik Kursi Terakhir Dapil Sulteng 1?

531
Elisa Bunga Allo, Baharuddin H Tanriwali dan Erwin Lamporo. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – PDIP, PKB dan Hanura masih bertarung memperebutkan kursi keenam atau terakhir untuk DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari Dapil Sulawesi Tengah 1 (Kota Palu). Dari enam kecamatan yang sudah diplenokan ditingkat Kota Palu, PDIP masih mengamankan posisi kursi terakhir.

Komposisi kursi terakhir sangat berpeluang terjadi perubahan, bila dua kecamatan yakni Kecamatan Mantikulore dan Kecamatan Palu Selatan sudah diplenokan. Pasalnya, dua kecamatan ini merupakan pemilik suara terbesar di Kota Palu.

Sebelumnya posisi PDIP berada diurutan lima sebelum Demokrat melewatinya saat pleno Kecamatan Tatanga berakhir. PDIP hanya selisih kurang dari 3.500 suara dengan pemenang ketujuh PKB dan pemenang kedelapan Hanura. Dimana suara PDIP dari enam kecamatan yang masuk sebanyak 9.597 suara.

Merujuk komposisi caleg masing-masing partai, pertarungan kursi keenam sangat ketat, sebab tiap partai tidak memiliki figur yang mampu mengatrol suara partai. Bahkan hanya ada satu sampai dua caleg saja yang mampu mendulang suara dimasing-masing partai.

PIDP sejauh ini masih menjagokan Elisa Bungga Allo sebagai pemilik kursi PDIP begitupun PKB juga menjagokan Baharuddin H Tanriwali dan Hanura masih mengandalkan Erwin Lamporo. Kepastian pemilik kursi keenam tersebut, menunggu pleno tingkat Kota Palu. Sebab, bila dua kecamatan itu sudah selesai diplenokan, maka KPU akan merilis nama-nama partai politik dan caleg pemilik kursi DPRD Sulawesi Tengah Dapil Sulawesi Tengah 1.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas