Home Ekonomi

Pasar Murah, Bawang Merah Dijual Rp20 Ribu/Kilogram

234
Suasana pasar murah yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sepekan terakhir beberapa harga bahan kebutuhan pokok sudah melambung tinggi khususnya harga bawang merah.

Untuk menekan harga tersebut Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar kegiatan pasar murah dengan menjual berbagai kebutuhan pokok seperti bawang merah yang dijual dengan harga Rp20.000 per kilogram.

Ahmad, salah seorang distributor yang ikut kegiatan tersebut mengatakan bawang yang dijualnya didatangkan dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Enrekang.

“Untuk hari ini 500 kg, kemungkinan besok 500 kg lg. Sedangkan, persediaan sekitar 1 ton. Ya, baru sekitar 350 kg yang habis di kegiatan pasar murah ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk bawang putih saat ini masih terbilang langkah sejak Sepekan terakhir. Menurutnya, harga bawang putih di pasar tradisional berkisar diantara Rp80 -Rp90 ribu per kilogram.

“Setiap minggu pasokan bawang merah yang masuk sekitar 2,5 ton. Sebenarnya, saya juga jual bawang putih hanya saja barangnya masih kosong,” ujarnya.

Apalagi kata dia saat mendekati memasuki bulan ramadan, biasanya harga sejumlah rempah termasuk bawang akan mengalami kenaikan harga di tingkat pengecer. Saat ini bawang merah dijual dengan harga Rp35.000 per kilogramnya.

“Naik sampai Rp10.000 lebih selisihnya. Semoga tidak terlalu naik sampai lebaran nanti. Hampir setiap tahun begini, tinggal bagimana supaya tidak terlalu tinggi naiknya. Supaya yang beli tidak mengeluh,” jelasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas