Home Sulteng

90 Bus untuk Angkut Pemudik

240
RAMP CHECK - Petugas Dishub saat melakukan ramp check armada bus pengangkut pemudik. (Foto: Ist)

  • Dishub Jamin Tak Ada Lonjakan Tarif

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng Sumarno mengungkapkan sekitar 90 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) siap untuk mengangkut pemudik merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019.

“Dalam minggu ini kami akan rapat dengan seluruh jajaran dan pihak terkait untuk membuka posko terpadu angkutan lebaran,” ujar Sumarno di Palu, Selasa, 7 Mei 2019.

Dia mengatakan semua bus yang akan digunakan pemudik dari berbagai PO yang beroperasi di wilayah Sulteng. Dishub menjamin tidak ada lonjakan tarif angkutan bus sebab nantinya akan ditetapkan batas tarif atas dan bawah. Tarif yang ditetapkan akan ditempel disemua terminal angkutan.

Apabila ada masyarakat mendapati tarif angkutan dipungut melebihi yang ditetapkan disilakan melapor ke posko terpadu angkutan lebaran. Posko terpadu dibuka untuk menerima informasi atau keluhan dari pemudik.

“Nanti posko terpadu ada semua Bandara, terminal dan pelabuhan-pelabuhan se Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Dishub juga memastikan akan melakukan ramp check terhadap armada bus pengangkut pemudik pada pekan depan. Tujuannya untuk menjamin keselamatan pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman.

Sumarno memperkirakan puncak arus mudik di Sulteng berlangsung pada H-6 Lebaran atau tepatnya tanggal 30 Mei mendatang. Itu karena kalangan pegawai negeri sipil terakhir berkantor pada 29 Mei. Untuk Sulteng sendiri pemudik terbanyak tujuan Luwuk, Kabupaten Banggai.

Dishub kata Sumarno akan mengeluarkan imbauan agar pemudik menggunakan angkutan umum. Selain demi keselamatan pribadi dan orang lain, mudik dengan angkutan umum mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Tentu kita berharap arus mudik Lebaran tahun ini akan semakin lancar, aman, dan nyaman. Kita tidak ingin masyarakat yang mau bertemu keluarga dan sanak saudara justru mengalami kecelakaan,” tandas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas