Home Sulteng

Layanan E-KTP Terkendala Ribbon

200
REKAM EKTP - Petugas melakukan perekaman e-KTP untuk seorang warga. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah mengungkapkan layanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di daerahnya terkendala ribbon (tinta).

“Hampir semua Dukcapil kabupaten/kota se Sulawesi Tengah melaporkan kehabisan ribbon untuk mencetak E-KTP,” ungkapnya di Palu, Senin, 6 Mei 2019.

Dia menjelaskan untuk pengadaan ribbon menjadi tanggungjawab Dinas Dukcapil kabupaten/kota. Dinas Dukcapil Provinsi kata dia hanya memfasilitasi pengadaan blanko E-KTP, akta lahir dan akta kematian.

“Tapi kami sudah meminjamkan ribbon ke beberapa kabupaten/kota agar pelayanan tetap berlangsung,” ucap Haris.

Haris mengatakan peminjaman ribbon terbanyak berada di Dinas Dukcapil Kota Palu. Olehnya diharapkannya ribbon segera dikembalikan untuk dipinjamkan kembali kepada Dukcapil kabupaten.

Adapun untuk stok blanko E-KTP dikatakan masih cukup untuk kebutuhan kabupaten/kota se Sulteng. Dia menambahkan meski Pilpres dan Pileg telah usai, Dukcapil kabupaten/kota tetap gencar melakukan pencetakan E-KTP, khususnya bagi masyarakat pemula.

Haris bersyukur secara umum layanan kependudukan tidak menjadi kendala dalam menyukseskan Pilpres dan Pileg pada 17 April lalu. Itu karena jauh sebelum Pemilu, Dinas Dukcapil kabupaten/kota telah gencar melakukan pencetakan E-KTP.

Bahkan pasca keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan surat keterangan pengganti E-KTP untuk mencoblos, jajaran Dinas Dukcapil se Sulteng tidak kendor dalam melakukan pencetakan.

Selain itu, beberapa Dinas Dukcapil kabupaten/kota melakukan layanan jemput bola dengan mendatangi masyarakat. Jemput bola dilakukan ke sekolah-sekolah dan lembaga pemasyarakatan.

“Sebagai Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah, saya mengucapkan terimakasih kepada petugas yang telah bekerja keras,” pungkas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas