Home Ekonomi

Banjir Bandang Sigi, Pelaku Usaha Bantu Perlengkapan Dapur

328
TERSENYUM - Salah satu korban banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan yang baru saja menerima bantuan peralatan memasak merasa senang dengan bantuan tersebut. (Foto: Pataruddin/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Para pelaku usaha yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Propinsi Sulawesi Tengah menyalurkan bantuan perlengkapan memasak bagi warga korban banjir bandang di beberapa desa yang terdampak bencana di Kabupaten Sigi, Minggu, 28 April 2019.

Ketua Perhimpunan INTI Sulawesi Tengah Rudy Wijaya mengatakan bantuan yang akan disalurkan berupa perlengkapan dapur, pakaian anak dan dewasa, popok bayi dan kasur bayi.

“Bantuan akan disalurkan warga yang rumahnya sama sekali tidak dapat dihuni lagi. Barang bantuan merupakan sumbangan Perhimpunan INTI Sulawesi Tengah,” kata Rudy Wijaya.

Untuk distribusi bantuan langsung ke posko-posko di daerah bencana dan ada juga bantuan yang akan diserahkan langsung kepada warga.

Distribusi bantuan perlengkapan alat masak seperti panci, piring, gelas, wajan, sendok, sudek diterima ratusan warga yang sudah mendapatkan kupon lebih dulu.

Untuk anak-anak diberikan bantuan berupa tas sekolah dan pakaian anak-anak.

Pengusaha H Karman Karim turut hadir membagikan bantuan kepada warga. Karman Karim juga memberikan peci bagi anak-anak.

Yani, 26, salah satu pengungsi mengaku senang mendapatkan bantuan karena memang rumah dan seisinya habis.

“Untuk memasak sendiri sudah tidak bisa lagi karena perlengkapan dapur habis tertimbun lumpur,” kata Yani.

Untuk anak-anak juga mendapat bantuan berupa aneka boneka, mainan serta susu kotak.

Sehari sebelumnya, Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah menyalurkan bantuan berupa peralatan dapur, kasur lipat, sudu bayi dan mie instan. Bantuan disalurkan di pengungsian Desa Bangga.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Miyono mengatakan bantuan tersebut berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan di Desa Bangga.

Reporter: Pataruddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas