Home Parigi Moutong

32 Desa di Parimo Jadi Sasaran Pamsimas

356
Kabid Cipta Karya PUPRP Parimo, I Nyoman Adi. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), melalui Kepala Bidang Cipta Karya, I Nyoman Adi mengungkapkan, bahwa Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) itu akan dilaksanakan seperti program-program lain yang dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat melalui padat karya.

“Pembangunan Pamsimas ini dilakukan secara swakelola oleh masyarakat melalui Padat Karya, seperti di tahun 2018 lalu ada 25 desa di Parimo sudah mendapat Pamsimas, sehingga di tahun 2019 ini kami kembali membangun Pamsimas di beberapa desa di Parimo, karena di tahapan sekarang ini Pamsimas itu lagi persiapan musyawarah di kabupaten yang nantinya ada beberapa lagi desa di wilayah Parimo untuk dibangun Pamsimas,” ungkap I Nyoman Adi selaku Kabid Cipta Karya PUPRP Parimo, pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin 6 April 2019.

Menurut Adi sapaan akrabnya, bahwa proses pelaksanaan Pamsimas tersebut dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat yang ada di desa itu.

“Di mana desa yang akan mendapatkan Pamsimas tahun 2019 ini di Parimo sebanyak 32 Desa, sehingga nantinya para fasilitator yang ada di tiap desa yang mendapatkan Pamsimas sudah mulai melakukan sosialisasi dan pelaksanaan pekerjaan Pansimas,” ujarnya.

Adi mengatakan, bahwa pelaksanaan pekerjaan fisik Pamsimas itu dikerjakan selama 4 bulan harus selesai, dan itu semua akan dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat yang ada di desa itu.

“Karena jenis fisik pembangunannya ada beberapa sistim seperti ada sistim yang menggunakan jaringan perpipaan, dan ada sistim Air bersi dengan menggunakan sumur Bor, itu semua tergantung dari Desa masing, apakah menggunakan sistim jaringan air bersih menggunakan Pipa atau dengan sistim sumur bor atau sumur suntik,” terangnya.

Adi menambahkan, bahwa untuk Pembangunan Pansimas di Sulteng ini, Kabupaten Parimo termasuk daerah terbaik dalam pembangunan Pamsimas.

“Karena parimo masuk daerah terbaik dalam pembangunan Pamsimas di Sulteng, sehingga tahun ini kita kembali mendapatkan Pansimas itu,” pungkasnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas