Home Politik

Rekapitulasi Suara Dimulai dari Parimo

209
Tanwir Lamaming. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

  • Hari Ini KPU Sulteng Mulai Plenokan Penghitungan

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019, hari ini Senin 6 Mei 2019.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan, rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi ini akan dibuka mulai pukul 14.00 Wita di aula kantor KPU Sulteg, Jalan S Parman Palu. Sesuai rencana, rapat pleno akan dilaksanakan selama enam hari yakni sampai dengan Sabtu 11 Mei 2019.

Tanwir Lamaming menjelaskan, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara akan dimulai dari Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

“Rencana Parimo. Tapi tergantung kabupaten mana yang duluan menyampaikan hasil pleno tingkat kabupaten,” kata Tanwir Lamaming dikonfirmasi, Ahad 5 Mei 2019.

Sampai saat ini, kata dia masih ada yang dalam proses rekapitulasi seperti Sigi, Palu, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

“Itu sementara on proses,” ujarnya.

Rapat pleno ini akan dihadiri oleh saksi partai politik peserta pemilu, saksi calon anggota DPD, pengawas pemilu, serta wartawan.

“Kami berharap bahwa pleno ini betul-betul menjadi rekap perolehan yang terbuka dan mendapat pengawalan dari masing-masing saksi peserta pemilu,” katanya.

Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyiapkan sebanyak 657 personel untuk mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi tersebut.

“Untuk melaksanakan pengamanan tahapan rekapitulasi atau rapat pleno di KPU Sulteng sebanyak 657 personel disiapkan dalam apel gelar pasukan dilaksanakan di lapangan Mapolda Sulteng yang dipimpin Wakil Kapolda Sulteng Kombespol Setyo Boedi Moempoeni Harso,” kata Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto di Palu seperi dikutip Antara, Ahad 5 Mei 2019.

Dalam apel gelar pasukan itu, kata Didik, 657 personel yang dipimpin sejumlah Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) diarahkan agar memahami apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab personel kepolisian dalam melaksanakan pengamanan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di KPU Sulteng.

“Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di seluruh KPU kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah sudah berjalan lancar dan kita harapkan pelaksanaan pleno di KPU Provinsi pun dapat berjalan dengan aman dan terkendali,” harapnya.

Oleh karena itu,lanjutnya, seluruh personel diminta untuk bisa menguasai wilayah tugasnya, melaksanakan tugas dengan humanis dan tentunya selalu profesional.

“Pelaksanaan apel pengamanan KPU Sulteng ini dihadari PJU Polda Sulteng dan dilanjutkan arahan dari masing-masing Kasatgas dan melakukan survei lokasi objek pengamanan dan koordinasi dengan KPU,” ungkapnya.

Dia mengatakan mulai Senin (6/5) rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2019 mulai digelar KPU Sulteng.

Seluruh KPU daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara kemudian akan menyerahkan hasil rekapitulasinya ke KPU Sulteng untuk selanjutnya KPU Sulteng kembali melaksanakan rekapitulasi.

“Kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah dengan masuknya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, mari kita sudahi saling menghina, mencaci maki dan perseteruan di media sosial. Kita rajut kembali tali persaudaran,” imbaunya.

Karena kata dia, siapapun pemimpin yang terpilih dari hasil Pemilu 2019 adalah pemimpin seluruh masyarakat Indonesia.

“Berikan kepercayaan kepada KPU untuk menyelesaikan amanahnya. Jangan memaksakan kehendak yang tidak sesuai konstitusi,” pesannya. (zal/ant)

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas