Home Donggala

Nasdem Dominasi Donggala

323
Kabupaten Donggala menjadi lokasi terakhir kampanye akbar Partai Nasdem beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

Donggala, Metrosulawesi.id – Perebutan suara di Kabupaten Donggala didominasi oleh partai Nasdem. Mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Maupun DPRD Kabupaten Donggala. Dominasi itu menjadikan Donggala sebagai daerah basis pertama yang menyumbangkan suara besar bagi Nasdem.

Sejak awal, Nasdem memang mematok kemenangan disemua jenis pemilihan di Kabupaten Donggala, hal itu juga tergambar dalam beberapa kampanye akbar yang dilaksanakan diwilayah Donggala.

Untuk DPR RI, Nasdem menjadi pemenang dari Donggala dengan raihan suara 30.317, dimana 17.507 merupakan suara pribadi Ahmad Hi Ali. Sementara tingakat DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Nasdem juga menjadi pemenang di Kabupaten Donggala, bahkan perolehan suara Nasdem jauh meninggalkan partai pesaing lainnya.

Perebutan kursi DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Nasdem hampir memastikan memiliki satu kursi setelah Nasdem mengemas suara 21.137, dimana 11 ribu lebih diantaranya merupakan suara Nilam Sari Lawira.

Namun untuk konversi kursi ke DPRD, masih menunggu hasil pleno Kabupaten Sigi, karena Kabupaten Donggala dan Sigi tergabung dalam satu dapil untuk DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.
Selain Nasdem, teradapat tujuh partai politik lainnya yang melengkapi delapan besar perolehan suara, karena Dapil Donggala-Sigi kursi yang diperebutkan delapan. Ketujuh partai itu yakni Gerindra, PKB, Golkar, PKS, PDIP, PAN dan Demokrat.

Posisi delapan besar itu kemungkinan mengalami perubahan apabila Kabupaten Sigi menuntaskan rapat pleno penghitungan suara.

Tingkat DPRD Kabupaten Donggala juga Nasdem mendominasi dengan raihan lima kursi, sama dengan PKS dan Gerindra. Nasdem Donggala sudah memastikan meraih kursi Wakil Ketua DPRD 1 Kabupaten Donggala.

Meskipun KPU sudah menuntaskan rekapitulasi perolehan suara, namun penentuan peraih kursi DPRD menunggu pleno KPU.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas