Home Palu

Walikota Minta Masyarakat Sadar Kebersihan

206
TINJAU DRAINASE - Walikota Palu, Hidayat M.Si saat meninjau langsung drainase di sekitar Jalan Kemiri, Senin, 29 April 2019. (Foto: Humas Pemkot)

Palu, Metrosulawesi.id – Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, Iskandar Arsyad meninjau langsung drainase di sekitar jalan Kemiri, kota Palu pada Senin, 29 April 2019.

Drainase yang berada tepat di depan SMP Negeri 3 Palu tersebut tampak dipenuhi tumpukan sampah plastik, terutama botol-botol minuman serta sisa-sisa pembungkus makanan.

Hal tersebut diduga menjadi penyebab air meluap ke ruas Jalan Kemiri saat hujan lebat melanda Kota Palu beberapa waktu lalu. Genangan air di ruas-ruas jalan di depan SMP Negeri 3 Palu itu sempat menjadi viral media sosial.

Pada kesempatan itu, Walikota Hidayat menegaskan bahwa persoalan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Olehnya, sangat diharapkan kepada masyarakat yang tinggal di seputaran wilayah tersebut tidak membuang sampah sembarangan.

“Apalagi membuang sampah ke saluran air, karena beberapa waktu terakhir intensitas hujan di Kota Palu lumayan tinggi,” katanya.

Walikota Hidayat mengatakan, saat ini kontainer Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sudah begitu banyak ditempatkan di beberapa titik wilayah kelurahan masing-masing. Ia pun menegaskan agar masyarakat membuang sampah ke TPS yang telah disediakan itu.

“Kalau masyarakat membutuhkan kontainer TPS di seputaran lingkungannya, bisa segera dikomunikasikan dengan lurahnya, untuk kemudian Lurah akan berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup berkaitan penempatan TPS-nya,” jelasnya.

Dirinya mengaku sangat menyayangkan sikap para oknum masyarakat yang acuh tak acuh, tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan. Padahal, kata dia, jika semua elemen masyarakat dan pemerintah mampu bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, Insya Allah kedepannya Kota Palu menjadi kota yang indah dan nyaman untuk ditinggali.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas