Home Politik Nasdem Dua Kursi, Lima Partai Lain Satu

Nasdem Dua Kursi, Lima Partai Lain Satu

4298
KIRI KE KANAN - Ahmad M Ali, Muhidin Said, Sakinah Aljufri, Rusdy Mastura, Supratman Andi Agtas, Matindas J Rumambi, Syarifuddin Sudding dan Anwar Hafid. (Foto: Dok)
  • Real Count KPU Sementara

Palu, Metrosulawesi.id – Real count Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan scan C1 hingga pukul 17.00 Wita, Senin 29 April 2014, partai Nasdem meraih dua kursi untuk DPR RI Dapil Sulawesi Tengah dengan perolehan suara sementara 62.298 dari 21,4% total suara yang masuk. Sementara lima partai lainnya masing-masing satu kursi.

Mengacu sistem sainte lague (konversi suara menjadi kursi), maka Nasdem sebagai pemenang akan meraih kursi pertama. Kursi kedua partai Demokrat dengan 56.463 suara, kursi ketiga Golkar dengan 40.335 suara, kursi keempat Gerindra 34.657, kursi kelima PDIP 30.575, kursi keenam PAN 23.407 dan kursi ketujuh Nasdem dengan sisa suara 20.766.

Berdasarkan perolehan suara sementara tersebut dan klaim beberapa partai politik, maka kursi pertama milik Ahmad M Ali (Nasdem), kedua Anwar Hafid (Demokrat), ketiga Muhiddin Said (Golkar), keempat Supratman Andi Agtas (Gerindra), kelima Matindas J Rumambi (PDIP) keenam Syarifuddin Sudding (PAN) dan ketujuh Rusdi Mastura (Nasdem). Mengingat data yang masuk baru 21,4% sehingga kemungkinan perubahan urutan kursinya sangat terbuka.

Namun bila mengacu pada data yang pernah dikeluarkan Nasdem maka terjadi perebutan di kursi ketujuh antara PDIP, PKB dan PAN dan Nasdem. Sementara PKS (Zakinah Aljufri) berada di kursi kedua dan Nasdem meraih kursi pertama dan keempat.

Perebutan kursi ketujuh makin menarik setelah PKB beberapa waktu lalu juga mengklaim memiliki satu perwakilan dari Sulawesi Tengah atas nama Risharyudi Triwibowo. PKB mengklaim meraih suara diatas 150 ribu.

Partai Hanura yang sebelumnya memiliki kursi DPR RI, pada Pemilu ini tidak mampu meraih ambang batas parlemen 4%, sehingga Caleg Hanura tidak diikutkan dalam penghitungan suara untuk menentukan perolehan kursi.

Meskipun Situng KPU sudang menampilkan real count berupa scan C1, namun penetapan pemenang dan perolehan kursi untuk PDR RI, menunggu rapat pleno KPU Ri yang dilaksanakan pada 22 Mei 2019 mendatang.

Reporter: Elwin Kandabu
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here