Home Sulteng

Duta Genre Sulteng Terpilih

696
DUTA GENRE - Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny C Soriton foto bersama Duta Genre Sulteng 2019, Sabtu, 27 April malam. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulteng kembali menggelar pemilihan duta GenRe tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu, 27 April malam.

Setelah melalui penilaian yang sangat ketat, sejumlah duta Genre Sulteng terpilih dengan keluar sebagai juara intelegencia, persahabatan putra dan putri, favorit, presentasi terbaik, dan juara sosial media inspirator. Nantinya yang terbaik akan mewakili Sulteng mengikuti seleksi duta Genre tingkat nasional.

“Sebagai pelaksana pemerintahan ditingkat provinsi sekaligus sebagai ayah genre Sulteng, saya berharap dan mengajak agar bapak/ibu bupati/wakil bupati/walikota, kepala opd-kb, pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah, pembina PIK R, pimpinan organisasi kepemudaan, pimpinan organisasi keagamaan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar peduli dan mau membentuk serta mengembangkan PIK Remaja dan BKR di wilayah masing-masing,” ujar Hidayat selaku ayah Genre Sulteng melalui Kepala DP3A Ikhsan Basir.

Hidayat juga berharap Pemda memberikan dukungan sarana dan prasarana untuk keberlangsungan PIK Remaja dan Bina Ketahanan Remaja (BKR). Keberadaan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dan BKR diharapkan dapat menjadi wadah untuk menggelorakan program generasi berencana (Genre) dengan fokus utama mengajak remaja untuk menunda usia perkawinan.

Kata dia dalam pandangan BKKBN, idealnya remaja menikah di usia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Itu karena di usia tersebut remaja dinilai sudah siap secara fisik, mental, ekonomi, dan sosial untuk memasuki hidup berumah tangga.

Olehnya pemerintah terus mengajak remaja maupun masyarakat secara umum untuk menekan tiga masalah yang dihadapi remaja yaitu pernikahan dini (anak-anak), seks pranikah, penyalagunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (napza).

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini kiranya kita dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta generasi muda yang didukung oleh dinas/instansi terkait serta LSM dan swasta,” tandas Hidayat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas