Home Palu Kamis, Penghitungan Suara di Kecamatan Selesai

Kamis, Penghitungan Suara di Kecamatan Selesai

77
PENGAMANAN KPU - Seorang polisi bersenjata lengkap berjaga-jaga di depan pintu Kantor KPU Kota Palu, Senin 22 April 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)
  • Polres Perketat Pengamanan di KPU Kota Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, menargetkan proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, untuk di tingkat kecamatan paling lama lima hari terhitung sejak hari Sabtu 20 April 2019.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 22 April 2019.

Dirinya menegaskan bahwa walaupun berdasarkan aturan, rekapitulasi penghitungan suara dimulai dari tanggal 18 April sampai 4 Mei, pihaknya menargetkan paling lama lima hari sudah harus selesai di tingkat kecamatan.

“Rencananya sekitar tanggal 24 atau 25 April, kami bisa menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara calon Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kota Palu,” ucapnya.

“Seperti biasanya, pada pemilu-pemilu sebelumnya antara tiga sampai empat hari kalau penghitungan di tingkat kecamatan. Untuk di kecamatan Palu Selatan dan Mantikulore maksimal lima hari karena di sana yang paling banyak TPS (Tempat Pemungutan Suara),” tambahnya.

Agussalim juga mengatakan, untuk lokasi penampungan logistik Pemilu, sekaligus tempat pelaksanaan Rapat Pleno PPK, akan dilaksanakan di GOR Siranindi Palu, dikarenakan gudang penyimpanan di Kantor KPU Kota Palu, tidak dapat menampung logistik. Hal tersebut sudah dikordinasikan dengan pihak Kepolisian untuk pengamanan di lokasi rapat Pleno.

Ketua KPU Kota Palu itu juga menambahankan, terkait dengan pengamanan di kantor KPU Kota Palu, pihak kepolisian dalam hal ini Polres Palu, intens berkordinasi dengan pihaknya, dan setiap hari Kapolres Palu, berkunjung ke Kantor KPU, untuk mengecek langsung kondisi pengamanan.

Polres Palu sendiri telah meningkatkan pengamanan di kantor KPU Kota Palu memasuki tahap penghitungan suara. Pengamanan juga dilakukan di Kantor Bawaslu Kota Palu.

Kapolres Palu AKBP Mujianto SiK, kepada Metrosulawesi mengatakan kegiatan saat ini dilaksanakan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), terutama pada tahapan-tahapan Pemilu dengan tujuan, untuk menjaga situasi keamanan selama tahapan pelaksanaan pemilihan Presiden dan calon Legislatif.

“Peningkatan pengamanan di Kontor KPU Kota palu dan Bawaslu kami tingkatkan, mengingat sudah memasuki tahapan penghitungan suara, dan pengamanan untuk rapat pleno,” ungkapnya.

Mujianto juga mengatakan bahwa pihaknya intens berkordinasi dengan pihak KPU serta Bawaslu, terkait dengan keamanan, serta untuk pengamanan sendiri pihak Polres Palu menyiagakan pasukan secara maksimal sesuai dengan ancaman yang ada, dan untuk pengamanan disiagakan personil di dalam dan di luar kantor atau tempat yang nantinya akan dijadikan lokasi rapat pleno.

Untuk personel pengamanan pihak Polres Palu di-backup dari TNI, yang rutin melaksanakan patroli ke wilayah-wilayah yang dianggap rawan.

“Selain pengamanan di Kantor KPU Kota Palu dan KPU Provinsi, serta Bawaslu, Polres Palu bersama dengan TNI, juga melakukan patroli bersama, di sejumlah titik–titik yang dianggap rawan tindak kejahatan,” tambahnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here