Home Donggala Anak Kasman Lassa Lolos dari Dapil 1 Donggala

Anak Kasman Lassa Lolos dari Dapil 1 Donggala

506
PEROLEHAN SUARA - data tabulasi perolehan suara pileg daerah pemilihan I Kecamatan Banawa-Banawa Tengah hingga Jumat, 19 April 2019. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)
  • Tiga Incumbent Bertahan

Donggala, Metrosulawesi.id – Hampir dipastikan lima calon anggota DPRD Donggala daerah pemilihan I (dapil I) Kecamatan Banawa-Banawa Tengah akan diisi tiga incunbent dan dua wajah baru.

Berdasarkan data C1 yang diperoleh Metrosulawesi dari Badan Pemenangan PKS, Jumat 19 April, dua wajah baru yang akan menghiasi lembaga DPRD Donggala itu adalah Widya Kastarena Lassa (anak dari Kasman Lassa, Bupati Donggala) dari Partai Nasdem, dan Erlansyah dari Partai Gerindra.

“Berdasarkan formulir C1 yang sudah dimasukkan kader PKS ke tabulasi data untuk dapil I wilayah pemilihan Kecamatan Banawa-Banawa Tengah, kursi pertama direbut Partai Nasdem dengan akumulasi total suara partai sebanyak 3.071 untuk calegnya, suara terbanyak diraih Widya Kastarena Lassa dengan raihan suara 2.190. Kursi kedua dari Partai PKS dengan jumlah suara partai 3.494 dan calegnya itu incumbent Abd Rasyid dengan raihan dukungan suara 2,063,” kata tim IT PKS Moh Akib.

“Kursi ketiga diperoleh partai PKB sebanyak 3.036 dengan calegnya incunbent Syafrudin raihan suara 1.077. Kursi keempat Partai Gerindra dengan jumlah suara partai 2.566 calegnya Erlansyah dengan dukungan sebanyak 800 suara dan kursi kelima direbut Partai Golkar dengan jumlah suara partai 2.379 calegnya juga incumbent Abu Bakar Aljufri total dukungan 1.418 suara,” sebutnya.

Katanya lagi raihan suara yang sudah masuk ini dipastikan tidak akan meleset dengan perhitungana atau penetapan KPUD, dikarenakan form CI yang sudah dimasukan ke tabulasi data sudah ter-input.

“Data kami masih akan terus bergerak berdasarkan form CI, tapi jika melihat data yang masuk kami optimis, data KPUD tidak akan berbeda dengan data kami khususnya dapil I kursi DPRD Donggala sudah dipastikan tiga incumbent bertahan, yakni PKS Abd Rasyid, Golkar Abu bakar Aljufri, dan Syafrudin Partai PKB,” tuturnya.

Dia juga menambahkan untuk partai juru kunci wilayah pemilihan dapil I diduduki oleh PKPI dengan dukungan suara partai 361 suara, kemudian di atasnya urutan ke lima belas ada Partai Garuda dengan total suara partai 397 suara.

“Peringkat ke enam PDI-P dengan total suara partai 2.096, kemudian Demokrat 1.160, PPP 1.145 suara, Perindo 996, Hanura 914, Pan 865, Berkarya 659, urutan ke empat belas ada PSI 440 suara,” pungkasnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Masruhim Parukkai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here