Home Palu

TNI Dibekali Buku Panduan Menjaga Netralitas Pemilu

314
Seorang Personel TNI, memperlihatkan buku saku panduan untuk menjaga netralitas selama pesta demokrasi Pemilu 2019, yang dibagikan kepada setiap Personel TNI. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

  •  Ribuan Personel TNI Siap Amankan Pemilu di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako, mempersiapkan ribuan personelnya untuk memback up pihak kepolisian, dalam pengamanan pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) April 2019 mendatang, di wilayah Sulawesi Tengah.

Penegasan dukungan personil membantu kepolisian disampaikan  Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita, kepada Metrosulawesi.id,  usai memimpin apel gelar pasukan pengaaman Pemilu, yang diikuti personel dari Balakrem, Yonif 711, Yonif  714, Kodim 1306/Donggala, dan dari Korem 132/Tadulako, di lapangan upcara Korem 132/Tadulako, Jumat 12 April 2019.

“Kami menyiagakan kurang lebih 4.000 personel untuk pengamanan Pemilu, dan untuk mengcover Wilayah Sulawesi Tengah. Namun untuk operasionalnya kami menunggu permintaan dari Polda Sulawesi Tengah,” jelas Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita.

Dikatakan Agus Sasmita,  dalam menjalankan tugasnya prajurit TNI, dibekali dengan buku  panduan untuk menjaga netralitas selama pesta demokrasi Pemilu 2019. Dalam buku saku itu, menjelaskan tentang ketentuan netralitas TNI dan  petunjuk kerja,  ketentuan-ketentuan lain terkait dengan Pemilu 2019.

“Saya harapkan seluruh prajurit jangan ada yang melanggar terkait Pemilu. Tentara harus netral dan jangan memengaruhi keluarga kita dalam Pemilu, biarkan mereka sesuai memilih dengan hati nurani mereka sendiri,” tegas Agus Sasmita.

Lebih jauh orang nomor satu di Korem 132/Tadulako ini,  Buku Saku tersebut dibuat dan dibagikan bukan hanya sebagai hiasan atau seremoni Pemilu saja, namun dibaca dan dijadikan pedoman dalam menjalankan tugas, agar prajurit mengetahui, peran, fungsi dan  tugasnya.  Terutama yang terlibat dalam pengamanan Pemilu Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan 17 April mendatang.  

“Mari kita tunjukkan, Netralitas TNI Harga Mati,” ujar Asgus Samita sembari memperlihatkan buku saku yang dipegang prajurit TNI AD.

Danrem juga mengimbau kepada perwira yang bertanggungjawab di setiap bagian/staf agar saling mengingatkan kepada segenap anggotanya, untuk tidak ikut dalam berpolitik praktis maupun memberikan dukungan apapun bentuknya kepada salah satu calon.

“Tidak ada lagi yang berbuat macam-macam dengan Pemilu, cukup satu macam yaitu netral,” Tegasnya.

Ditambahkan Agus Sasmita,  TNI dan Polri menjamin keamanan masyarakat dari rumah sampai Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga kembali ke rumah masing-masing.

“Tidak perlu khawatir menggunakan hak pilih pada Pemilu 17 April 2019,” ucapnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Sulteng untuk ramai-ramai datang ke TPS, gunakan hak pilihnya sesuai hati nurani. Jangan takut untuk datang ke TPS. Ada intimidasi, ada pengancaman, ada yang melarang datang ke TPS, segera lapor kepada anggota Polri dan TNI, karena Polri dan TNI bertugas mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 sampai di TPS- TPS,” tegas Agus Sasmita.(*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas