Home Sulteng

Ali Rizal Binol sebagai Pahlawan Kemanusian

646
PENGHARGAAN - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat yang juga selaku Ketua PMI Sulteng bersama perwakilan PMI Pusat H Muhammad Muas menyerahkan penghargaan tersebut kepada keluarga almarhum Ali Rizal Binol di Palu, Kamis, 11 April 2019. (Foto: Humas Pemprov)

  • Penghargaan BNPB atas Bakti Penanggulangan Bencana

Palu, Metrosulawesi.id – Almarhum Ali Rizal Binol, mantan Sekretaris PMI Sulteng mendapat penghargaan pahlawan kemanusiaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia. Penghargaan itu atas sumbangsih dan darma bakti dalam penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat yang juga selaku Ketua PMI Sulteng bersama perwakilan PMI Pusat H Muhammad Muas menyerahkan penghargaan tersebut kepada keluarga almarhum Ali Rizal Binol di Palu, Kamis, 11 April 2019.

Sebelumnya penghargaan adi prasaja tersebut telah diserahkan Kepala BNPB Letnan Jenderal, Doni Monardo kepada pihak PMI saat pertemuan BNPB se Indonesia di Bali pada 25 Maret lalu.

Hidayat mengapresiasi atas perhatian pemerintah memperhatikan para relawan yang bekerja tanpa pamrih untuk kemanusiaan. Hal itu sejalan dengan kehadiran PMI sejak berdiri pada 1974.

“Saya mengharapkan kepada istri Ali Rizal Binol agar tabah dan sabar atas kepergian almarhum,” ujar Hidayat.

Perwakilan PMI Pusat, Muhammad Muas menyampaikan penghargaan kepada Ali Rizal merupakan sinyal bahwa PMI bagian dari perjuangan tanpa pamrih yang akan dilegitimasi secara baik oleh negara.

“Kita merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh negara mulai memperhatikan walaupun hanya selembar kertas. Insya Allah lambat laun kita mengharapkan bahwa negara memperhatikan relawan yang sedang bertugas. Bagi yang meninggal semoga dapat dimakamkan di taman makam pahlawan. Hal itu sebagaimana BNPB yang telah memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Ali Rizal atas sumbangsih dan darma baktinya dalam kegiatan penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Muas.

Selain kepada almarhum Ali Rizal, penghargaan serupa diserahkan kepada empat orang lainnya sebagai pahlawan kemanusiaan yakni tiga orang berasal dari Provinsi NTB, dan satu orang berasal dari Provinsi Jawa Barat Bogor.

Pada kesempatan serupa Hidayat Lamakarate bersama Pengurus PMI Pusat Muhammad Muas menyerahkan secara simbolis alat perlindungan diri onjob training kepada perwakilan relawan PMI Kota Palu sebanyak 300 orang. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas