Home Ekonomi

Sulteng Expo 2019 Hadirkan 101 Peserta Pameran

388
Suasana pembukaan Sulteng Expo 2019, Selasa malam, 9 April 2019 di Sirkuit Panggona, Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dengan mengangkat tema “Sinergitas Memacu Investasi Untuk Pertumbuhan Dan Pemerataan”, Sulteng Expo 2019 menghadirkan sebanyak 101 stand pameran dari berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam acara tersebut.

Sementara, waktu pelaksanaan di mulai pada Selasa 9 april sampai dengan 13 April 2019 dan pameran Sulteng Expo 2019 dibuka dari jam 10.00 hingga 22.00 Wita bertempat di Sirkuit Panggona, Eks STQ Palu.

Dalam sambutannya, Kepala DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Tengah Ir.Ch Shandra Tobondo, MT. Selaku ketua panitia pada malam pembukaan Sulteng Expo 2019 mengatakan tahun 2018, peserta pameran hanya diikuti sekitar 68 stand. Sehingga, pihak DPM-PTSP Sulteng dalam kegiatan di tahun ini menambah jumlah peserta pameran sebanyak 101 stand.

“Sulteng Expo 2019 diharapkan  sinergitas pembangunan dari seluruh pemangku kepentingan dan dapat menciptakan keterpaduan yang harmonis dalam membangun daerah. Sehingga, dapat memacu investasi berkualitas menuju Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing,” jelas Shandra. 

Untuk itu, kata Shandra, dibawa kordinasi DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Tengah terus berkomitmen untuk menyelenggarakan Sulteng Expo 2019 dengan sebagaimana mestinya. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan mengundang beberapa investor untuk berkontribusi dalam pembangunan di daerah ini.

“Kami telah mengupayakan dengan melakukan kordinasi dari berbagai pihak, diantaranya seluruh instansi di lingkungan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah. Selain itu, dalam acara ini para investor, pihak perbankan, BUMN, BUMD, Perguruan tinggi dan UMKM turut mensukseskan pelaksanaan Sulteng Expo 2019,” terangnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan sesuai dengan surat Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 025/dpa-opd/bpkad-2019 tanggal 4 Januari 2019 tentang dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah  (dpa-skpd) dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Provinsi Sulawesi Tengah tahun anggaran 2019.

“Ini sekaligus memeriahkan HUT ke 55 Provinsi Sulawesi Tengah, menjadikan Sulteng sebagai core event sekaligus annual event pameran nasional, menggiatkan program kewirausahaan, mempromosikan  seluruh potensi yang dimiliki terutama pada sektor perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan, pertambangan, pariwisata, serta layanan publik dan produk unggulan yang dihasilkan,” ujarnya. 

Selain itu, menurutnya kegiatan ini sebagai ajang mempromosikan produk kerajinan nasional yang dihasilkan oleh dekranasda, koperasi dan ukm serta mitra binaan perusahaan BUMN dan BUMD.

“Memasarkan potensi unggulan daerah antar sesama peserta pameran untuk melakukan transaksi dagang langsung. Serta, memberikan sarana informasi sekaligus sarana rekreasi dan hiburan kepada masyarakat pasca bencana,” ujarnya menambahkan.

Adapun perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah PT Donggi Senoro LNG, PT. IMIP Morowali, PT. JOB Pertamina Medco, PT COR,  PT Poso Energi PT Tani Teladan dan PT Vale Indonesia Tbk.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas