Home Palu

Peserta Pameran Sulteng Expo 2019 Harus Hasilkan Karya Berkualitas

267
Pembukaan Sulteng Expo 2019 dalam rangka peringatan HUT Provinsi Sulawesi Tengah ke-55. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada malam pembukaan Sulteng Expo 2019 memperingati HUT Provinsi Sulawesi Tengah ke-55, Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola menginginkan para peserta pameran terus berkreasi dan menghasilkan karya berkualitas.

Sulteng Expo tahun ini digelar di lokasi Sirkuit Panggona di Jalan Soekarno-hatta Kelurahan Telise, Kecamatan Mantikulore dan akan ditutup pada 13 April 2019 mendatang. Masyarakat bisa mulai berkunjung mulai pukul 10.00 wita sampai 22.00 wita.

Dalam sambutannya, Gubernur Longki mengatakan, Sulteng Expo merupakan sarana informasi kepada masyarakat Sulteng atas capaian kinerja pembangunan. Sulteng Expo juga untuk menggerakkan ekonomi yang berdampak pada penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Olehnya, saya mengajak kepada kita semua untuk memperbaiki iklim berusaha dengan memberikan kemudahan berusaha kepada investor, melakukan pengawalan proses investasi, terutama kepada Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Satgas yang telah terbetuk ini diharapkan dapat menyelesaikan segala hambatan proses perizinan maupun pelaksanaan investasi, agar pelaku ekonomi, khususnya investor mendapatkan kepastian hukum dalam berusaha di Sulawesi Tengah, seperti halnya yang terjadi di negara-negara maju,” jelasnya

Kata dia, Sulteng Expo merupakan pameran berskala nasional dan regional yang diikuti oleh lembaga pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Pemerintah kabupaten kota se Sulawesi Tengah.

“Karena saat ini, pemerintah pusat terus mengharapkan kepada masing-masing pemerintah daerah untuk segera meningkatkan investasi, terutama yang berorientasi ekspor. Sebab investasi dan ekspor, adalah kunci menggerakan perekonomian suatu daerah,” terangnya.

Gubernur Longki mengungkapkan, Sulteng expo 2019 menampilkan produk unggulan dan jasa layanan publik, potensi dan peluang investasi seluruh kabupaten/kota, industri, perdagangan, pariwisata, dan produk unggulan yang dihasilkan oleh UMKM binaan pemerintah daerah maupun BUMN, informasi kinerja instansi tingkat propinsi, instansi vertikal, gelar seni dan budaya, kuliner serta panggung hiburan.

“Juga diikuti pameran produk unggulan UMKM, otomotif, perbankan, investasi pasar rakyat, seni budaya, serta berbagai hiburan menarik lainnya. Hal ini di maksudkan agar para pelaku ekonomi dapat memanfaatkan kecepatan perubahan regulasi yang ada, sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan yang ada melalui peningkatan realisasi investasi,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Longki berpesan agar peserta pameran terus berkreasi dan berinovasi sesuai bidangnya masing-masing. Sementara untuk para pelaku UMKM yang mengikuti pameran di Sulteng Expo, diharapkan mampu menciptakan produk-produk unggulan daerah.

“Kita patut bersyukur, bahwa Sulawesi Tengah dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, dan beragam rasa kulinernya, sehingga kita memiliki peluang untuk merebut pasar tersebut sebagai suatu peluang investasi yang dapat diusahakan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat dalam bentuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), maupun Penanaman Modal Asing (PMA),” katanya.

Gubernur berharap kepada Walikota dan seluruh Bupati se-Sulwesi Tengah untuk terus menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya alam, melalui peningkatan investasi yang dapat berfungsi sebagai motor penggerak kekuatan ekonomi di daerah, terutama di era industri yang berbarengan dengan perubahan gaya hidup atau lifestyle untuk dapat dijadikan peluang bisnis.

“Saya yakin dengan segala anugerah yang dimiliki Sulawesi Tengah, baik berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang kreatif dapat dikelola secara baik, sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya saing tinggi,”sebut Gubernur

Menurutnya, pameran tersebut hanyalah salah satu instrumen, yang terpenting adalah bagaimana bisa menciptakan produk yang mempunyai mutu, inovasi, desain, kemasan dan branding yang dapat bersaing di pasar nasional bahkan global, khususnya yang bersumber dari kearifan lokal.

“Mari jadikan event ini sebagai etalase keanekaragaman produk, khususnya produk Sulawesi Tengah, dalam rangka mendukung terwujudnya Provinsi Sulawesi Tengah yang maju mandiri dan berdaya saing melalui pelaksanaan Sulteng Expo 2019,” pungkas Gubernur.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas