Home Palu

Pengurus Perhepi Komda Palu Dilantik

402
Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi), Prof Hermanto Siregar foto bersama Pengurus Perhepi Komda Palu Periode 2019-2022 di Marry Glow, Kamis, 11 April 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Prof Hermanto Siregar melantik Pengurus Perhepi Komisariat Daerah (Komda) Palu Periode 2019-2022 di Marry Glow, Kamis, 11 April 2019.

Prof Hermanto melantik Dr Yudi Tangahu sebagai Ketua Perhepi Komda Palu bersama bidang-bidang lainnya. Yudi mengaku beryukur mendapat amanah sebagai Ketua Perhepi Palu hingga tahun 2022 mendatang.

“Perhepi yang sudah ada sejak tahun 1972 di Sulawesi Tengah tetap berkomitmen memberdayakan masyarakat petani dan nelayan,” ujar Yudi.

Yudi menjelaskan diera industri 4.0 saat ini, petani dan nelayan harus terus diberdayakan melalui pelatihan, riset dan pengabdian. Perhepi fokus melihat potensi usaha sturtup yang bisa dikembangkan kaum millenial. Perhepi mendorong kaum millenial menjadi pelaku-pelaku usaha startup yang pada akhirnya bisa penjedia lapangan pekerjaan.

“Dengan begitu kita di Sulawesi Tengah bisa bersaing dengan daerah lain sebagaimana komitmen bapak gubernur agar Sulteng sejajar dengan provinsi lain di Indonesia Timur,” ucap Yudi.

Perhepi juga kata dia fokus terhadap industri pangan unggulan Sulteng yang masih belum dikenal secara luas. Yudi mencontohkan Sulawesi Tengah dengan potensi besar hasil pertanian dan rumput laut, harusnya terkenal luas serta menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi masyarakat. Selain itu, berbagai kuliner andalan di Sulteng saat ini masih belum maksimal dikembangkan pihak terkait.

“Hari ini kita belum mendengar apa industri yang dikembangkan untuk menopang ekonomi pertanian di Sulawesi Tengah. Itulah yang nanti menjadi perhatian kami bekerjasama dengan lintas sektor,” ungkap Yudi.

Secara internal, Perhepi Komda Palu juga akan meningkatkan sumber daya manusia pengurusnya. Tujuannya agar bisa berperan baik dalam tranfers pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pertani dan nelayanan.

“Tentu kami akan terus menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah dalam menyukseskan program-program Perhepi di Sulawesi Tengah,” tandas Yudi.

Ketua Panitia Dr Arifuddin Lamusah menerangkan pelantikan pengurus Perhepi Komda Palu dirangkaikan dengan dialog. Dialog tersebut menjadi bagian langkah awal Perhepi dalam merumuskan program kerjanya. Dialog menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, Hasanuddin Atjo, dan Kepala Dinas Perindag, Arif Latjuba. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas