Home Politik

Masyarakat Diimbau Jangan Golput

224
JANGAN GOLPUT - Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa 9 April 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)

  • Longki: ASN Harus Junjung Tinggi Netralitas

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengimbau masyarakatnya jangan golput pada Pemilihan Umum Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada 17 April mendatang.

“Kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah yang memiliki hak untuk memilih pada Rabu, 17 April, datanglah ke TPS, gunakan hak pilih saudara dengan baik, jujur dan adil. Jangan golput,” ujar Longki melalui rilisnya yang diterima Metrosulawesi, Rabu, 10 April 2019.

Dia juga kembali menyerukan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga integritas dan profesionalisme dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan peraturan Perundang-undangan selama berlangsungnya Pemilu 2019.

“Jangan berpolitik praktis yang mengarah keberpihakan, berafiliasi dengan partai politik, dan membuat keputusan serta tindakan yang menguntungkan atau merugikan calon Presiden/Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” ucap Longki.

Longki mengatakan pelaksanaan Pemilu yang tinggal menghitung hari merupakan pertamakali dilaksanakan secara serentak untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Selaku perwakilan pemerintah di daerah, Longki ingin Pemilu berjalan lancar dan sukses.

“Saya berharap kepada para penyelenggara Pemilu, pengawas Pemilu dan aparat keamanan agar bersungguh-sungguh memelihara dan menegakkan etika penyelenggaraan Pemilu dengan bertindak jujur, netral, independen, transparan dan professional dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Tiap suara harus dijaga agar tidak dimanipulasi, digelembungkan atau dikurangi,” kata gubernur.

Gubernur juga mengajak seluruh pemangku kepentingan mulai tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama agar menjaga proses Pemilu serentak dengan baik, aman, tertib dan jurdil. Dengan begitu diharapkan pemungutan suara dapat berjalan dengan demokratis dan apapun hasil pelaksanaan Pemilu harus diterima.

“Terpenting dapat memperkokoh persatuan dan perdamaian serta keutuhan kita bersama,” tuturnya.

Kepada walikota dan bupati se Sulawesi Tengah, gubernur mengharapkan agar dapat menyosialisasikan imbauan serupa di wilayah pemerintahan masing-masing.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas