Home Morowali

KPU Morowali Simulasi SITUNG Nasional Tahap Akhir

284
Simulasi SITUNG Nasional yang digelar KPU Morowali. (Foto: Ist)

Morowali, Metrosulawesi.id – Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, serta menindaklanjuti Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 555/PL.02.6-SD/KPU/III/2019, maka KPU Morowali menggelar Simulasi Nasional Sistem Aplikasi Perhitungan Suara (SITUNG) tahap ke – 3, di Aula Kantor KPU Morowali, pada Rabu, 10 April 2019.

Simulasi ke-3 yang diikuti oleh operator entry, verifikator, serta koordinator aplikasi SITUNG KPU Morowali ini, merupakan simulasi tahap akhir sekaligus mematangkan dan memantapkan persiapan Operator SITUNG menghadapi penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.

Yang pada prosesnya, ketika penghitungan suara, hasil entry dan pindai data yang dilakukan oleh KPU Kabuptaten/Kota akan ditayangkan melalui web KPU Republik Indonesia yakni Infopemilu.kpu.go.id.

“ Melalui Aplikasi SITUNG, diharapkan masyarakat dapat mengakses data yang benar dari situs resmi KPU,” ungkap Ketua KPU Morowali, Erfan SH.

Lebih jauh Ketua KPU Morowali, Erfan SH, mengatakan bahwa simulasi dimulai dengan tahapan persiapan dilakukan mulai dari mempersiapkan peralatan serta perlengkapan lainnya. Dengan dukungan beberapa operator entry lainnya, yang akan difungsikan untuk membantu proses percepatan entry data formulir model C1.

Pemindaian C1 akan dilakukan secara bersamaan. Data bisa dikatakan valid ketika sudah melalui proses pleno. Hasil dari pleno dapat langsung dipublikasikan oleh pihak KPU melalui aplikasi SITUNG.

“Aplikasi SITUNG dapat meningkatkan transparansi KPU kepada publik. Selain itu, seluruh pihak juga akan mudah memperoleh informasi terkait perhitungan suara pada pemilu serentak nanti, baik masyarakat umum maupun peserta pemilu,” jelasnya.

“Hasil suara akan dipublikasikan melalui aplikasi SITUNG, sehingga proses Pemilu Serentak 2019 ini akan transparan. Dengan itu, masyarakat dan pihak-pihak yang terlibat pada pemilu akan mudah memperoleh akses informasi,” tambahnya.

Dalam simulasi SITUNG tidak terdapat hambatan yang berarti, sehingga KPU Morowali optimis entry data dalam penyelengaraan Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan dengan baik.

Reporter: Djunaedi
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas