Home Palu Cukup Bawa Copy KK, Langsung Cetak E-KTP

Cukup Bawa Copy KK, Langsung Cetak E-KTP

179
PEREKAMAN - Salah seorang warga rampak melakukan perekaman E-KTP di stand Disdukcapil Sulteng Expo di Sirkuit Panggona Eks STQ Palu, Rabu, 10 April 2019. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)
  • Dinas Dukcapil Buka Layanan di Sulteng Expo

Palu, Metrosulawesi.id – Bagi masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) harus memanfaatkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Sulteng Expo di Sirkuit Panggona Eks STQ Palu.

Disdukcapil membuka pelayanan e-KTP di salah satu stand yang akan berlangsung selama perhelatan Sulteng Expo. Sekretaris Disdukcapil Provinsi Sulteng Risal Damsud mengungkapkan total ada 6.000 keping blanko e-KTP yang disiapkan selama pelayanan di Sulteng Expo.

“Tapi pelayanan kami khusus bagi masyarakat Kota Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala),” ungkap Risal saat ditemui di stand pelayanan e-KTP Sulteng Expo di Sirkuit Panggona Eks STQ Palu, Rabu, 10 April 2019.

Dia menjelaskan bagi masyarakat Pasigala yang ingin memanfaatkan pelayanan e-KTP, cukup membawa foto copy Kartu Keluarga (KK). Masyarakat dipastikan bisa langsung membawa pulang fisik e-KTP karena akan langsung dicetak.

Namun masyarakat diharap maklum jika harus menunggu karena terkadang kendala jaringan internet (server). Apabila jaringan lancar, untuk mencetak satu e-KTP hanya membutuhkan waktu satu menit lebih.

“Tapi kalau lagi gangguan bisa memakan waktu 10 sampai 20 menit mencetak satu e-KTP,” jelasnya.

Pelayanan yang dibuka mulai dari perekaman, pencetakan dan penggantian fisik e-KTP rusak atau hilang. Disdukcapil menyiapkan empat unit komputer, empat printer dan perangkat perekaman.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah mengimbau masyarakat agar berbondong-bondong memanfaatkan pelayanan e-KTP di Sulteng Expo hingga 13 April mendatang.

“Kami mengimbau masyarakat Pasigala yang belum memiliki e-KTP agar memanfaatkan pelayanan yang dibuka di Sulteng Expo,” tutur Haris.

Disdukcapil se Sulteng juga saat ini kata dia membuka pelayanan kependudukan hingga Sabtu dan Minggu. Haris mengatakan pelayanan Sabtu dan Minggu dalam rangka menindaklanjuti instruksi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Kami membuka pelayanan Sabtu dan Minggu disemua Dinas Dukcapil se Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan tujuan dibukanya pelayanan hingga Sabtu dan Minggu dalam mengenjot target kepemilikan e-KTP di daerah ini. Sebab saat ini masih ada sekitar ribuan masyarakat Sulteng yang belum memiliki e-KTP.

“Tapi kita memang sudah masuk zona biru, tidak seperti Sulbar yang masih zona merah,” ucap Haris.

Mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulteng itu menjelaskan meski telah ada putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan Suket (surat keterangan) digunakan dalam menyalurkan hak pilih pada Pemilu mendatang, namun Disdukcapil Sulteng menarget semua masyarakat dewasa harus memiliki e-KTP.

“Kita upayakan semua harus memiliki e-KTP, tapi kalau tidak bisa kita akan cetakkan Suket,” pungkas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here