Home Ekonomi

Sinergitas Pacu Investasi

309
Irmawati Sahi. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

  • Sulteng Expo 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Sulteng Expo secara resmi telah dibuka pada Selasa 9 April 2019 malam kemarin. Event yang telah menjadi agenda tahunan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah itu merupakan salah satu cara untuk menjaga kinerja dan eksistensi dalam memajukan daerah. Nilai transaksi kegiatan ini menunjukkan tren peningkatan di setiap tahunnya.

Sebagai panitia Sulteng Expo 2019, Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Tengah Irmawati Sahi menyebut, Sulteng Expo 2019 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Tengah, dikemas lebih atraktif dengan konsep hiburan dan market yang lebih luas.

“Perkembangan yang cukup pesat dalam berbagai sektor seperti pertambangan, perkebunan, perikanan, industri manufaktur, koperasi dan UKM serta di berbagai bidang lainya mesti lebih di promosikan dan ditingkatkan,” ungkap Irmawati Sahi kepada Metrosulawesi.

Dia mengatakan, Provinsi Sulawesi tengah mempunyai potensi investasi yang menarik dan lengkap bagi para calon investor dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Sehingga lewat event Sulteng Expo ini, pemerintah daerah bertujuan untuk mempromosikan Sulawesi Tengah sebagai daerah tujuan investasi dari dalam dan luar negeri.

Kegiatan ini juga menghadirkan sebuah pameran yang lengkap dan bermutu, meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah Sulawesi Tengah, mempromosikan sekaligus memenuhi kebutuhan produk-produk yang dihasilkan oleh UKM serta mitra binaan BUMN.

“Meningkatkan kecintaan masyarakat pada produksi dalam negeri sekaligus daya saing di pasar global,” katanya.

Tujuan lain Sulteng Expo 2019 yakni untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang industri dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lainnya.

“Ini juga sebagai bentuk laporan kerja pemerintah Sulawesi Tengah kepada masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya. Memberikan sarana rekreasi dan hiburan kepada masyarakat umum,” jelas dia.

Kegiatan itu sendiri dikemas dengan konsep pameran terpadu berkonsep edukasi,  investasi, pariwisata dan industri kreatif, produk unggulan UKM, budaya, potensi daerah, kerajinan nasional, serta produk/jasa unggulan lainnya.

“Sulteng expo 2019 akan terbagi menjadi beberapa zona konsentrasi sesuai dengan tema atau konsep yang ditawarkan oleh peserta,” jelas wanita berhijab itu.

Disetiap harinya selama sulteng expo akan dilaksanankan kegiatan berupa pementasan seni dan budaya, lomba, dan kegiatan lainya.

Sulteng expo 2019 juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan artis lokal dan artis nasional. Selain itu bisa juga ditemukan festival kuliner tradisional di lokasi kegiatan yang bertempat di Sirkuit Panggona, Ex STQ Kota Palu.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas