Home Parigi Moutong

Meriah, Festival Pranata Adat Budaya di Ampibabo

281
MERIAH - Festival Pranata Adat Budaya Untuk Kedamaian di Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) berlangsung meriah, bertempat di halaman Kantor Camat Ampibabo Kabupaten Parimo, Selasa 9 April 2019. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Festival Pranata Adat Budaya Untuk Kedamaian di Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) berlangsung meriah, bertempat di halaman Kantor Camat Ampibabo Kabupaten Parimo, Selasa 9 April 2019.

Direktur Pengamanan daerah Konflik Hasrul Edyar dalam sambutanya, sangat bangga dan terharu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Parimo yang masyarakatnya hidup damai bergandengan tangan membangun Kabupaten Parimo.

Menurutnya, keberhasilan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam meningkatkan pembangunan berkelanjutan tergantung kekompakan dan kerja sama seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah.

“Sehingga melalui kegiatan Festival Pranata Adat untuk kedamian diharapkan dapat mewujudkan dan mengaktifkan kembali forum diskusi Desa untuk mewujudkan ketahanan sosial maupun ketahanan ekonomi. Karena tujuan kegiatan Forum perdamian dan Festival Pranata Adat ini adalah untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Dia mengatakan, selain itu Pranata Adat juga menumbuh kembagkan kecintaan keragamaan budaya yang dikemas dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Karena kabupaten Parimo itu luar biasa, walaupun berbeda beda agama ataupun etnis, kami yakin Parimo bisa menjadi barometer indonesia, walaupun berbatasan dengan dearah konflik tapi tidak terpengaruh,” pujinya.

Ia menambahkan, melalui Festival Pranata Adat Budaya, pertanda bahwa Parigi Moutong menjaga persatuan dan kesatuan dan melestarikan budaya dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Kearifan lokal membuktikan banyaknya prestasi yang di tonjolkan oleh Kabupaten Parimo, Saya yakin dan percaya kabupaten ini akan lebih maju di masa yang akan datang,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Bupati Parimo, sekda Parimo, kepala OPD Parimo, serta Tokoh Adat Parimo dan Kepala Desa Eks Kecamatan Ampibabo.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas